Berita Palembang

Dinas Lingkungan Hidup Palembang Gelar Uji Emisi Kendaraan Selama 3 Hari, Ini Jadwal dan Lokasinya

Mobil lulus uji emisi diberikan stiker lulus di depan kaca mobil. Petugas yang menguji juga memberikan selamat kepada pemilik mobil

Dinas Lingkungan Hidup Palembang Gelar Uji Emisi Kendaraan Selama 3 Hari, Ini Jadwal dan Lokasinya
Tribun Sumsel/ Melisa Wulandari
Uji emisi kendaraan di Jalan Demang Lebar Daun Palembang, Selasa (9/10/2018) 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Dinas Lingkungkan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang melakukan uji emisi kepada kendaraan yang melintas di Jalan Demang Lebar Daun sekaligus memberikan stiker lulus emisi bagi kendaraan dengan gas pembuangan diambang batas yang bisa mencemari udara.

Pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka mengevaluasi keberhasilan pemerintah daerah dalam melaksanakan pengendalian pencemaran udara dan merupakan program dari Kementrian Lingkungan Hidup RI.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang, Faizal AR mengatakan tujuan dari uji emisi ini adalah untuk meningkatkan kualitas udara perkotaan.

Baca: (Video) Live Streaming Indonesia U-19 vs Arab Saudi, Rabu (10/10) Pukul 15.00, Jelang Piala Asia

Baca: BMKG Nyatakan Kabar Gembira, Musim Hujan di Sumsel Terjadi Akhir Oktober, Ini Penjelasannya

"Dengan cara menurunkan tingkat pencemaran udara dari sektor transportasi khususnya kendaraan bermotor," ujarnya, Selasa (9/10/2018).

Selain itu kegiatan ini mendorong pemerintah daerah untuk melaksanakan program pengendalian pencemaran udara secara lebih terfokus dan terarah.

Mobil lulus uji emisi diberikan stiker lulus di depan kaca mobil. Petugas yang menguji memberikan selamat pula kepada pemilik mobil.

Selain itu bagi mobil atau angkutan umum yang tak lulus uji emisi maka diberi peringatan untuk melakukan servis atau perbaikan agar gas yang dibuang tidak mencemari udara.

Baca: Polres Prabumulih Bekuk Pengedar Sabu yang Biasa Berjualan di Kawasan Perumahan di Prabumulih

Baca: Viralnya Video Anggota Paspampres Tekuk Jari Warga, Ini Penjelasan Paspampres Dalam Video Tersebut

Dalam kegiatan ini, pihaknya menggandeng satuan polisi lalu lintas dan dinas perhubungan untuk memantau kendaraan yang sudah diberi peringatan.

Uji emisi ini juga merupakan program rutin yang sudah dianggarkan setiap tahun untuk mengantisipasi udara.

Dan pihaknya menargetkan 1500 mobil bisa diuji emisi.

"Jangan sampai banyak amoniak, makanya kami pantau agar iklim di Palembang tetap kondusif. Pemkot Palembang sangat konsen memantau cuaca," ujarnya.

Bahkan, pihaknya juga memiliki satu alat pemantau khusus udara berada di simpang lima DPRD Sumsel.

Uji emisi ini berlangsung selama tiga hari, hari pertama di Jalan Demang Lebar Daun (depan PLN) , hari kedua di Jalan Residen A Rozak (Villa Ever Green) dan hari terakhir di Jalan Ahmad Yani (SPBU Coco Plaju). Uji emisi dimulai dari pukul 09.00

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved