Berita CPNS

CPNS Lubuklinggau Harus Ada KTP Setempat, Bolehkan Aturan Seperti ini, Berikut Penjelasan BKN Sumsel

Pemerintah kota Lubuk Linggau dalam teknis Penerimaan CPNS mewajibkan para peserta untuk mencantumkan KTP domisili Kota Lubuklinggau.

CPNS Lubuklinggau Harus Ada KTP Setempat, Bolehkan Aturan Seperti ini, Berikut Penjelasan BKN Sumsel
sscn.bkn.go.id seleksi cpns 2018 PENDAFTARAN CPNS 2018 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pemerintah kota Lubuk Linggau dalam teknis Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mewajibkan para peserta untuk mencantumkan KTP domisili Kota Lubuklinggau.

Pewajiban KTP tersebut tidak diberlakukan untuk semua formasi, karena beberapa formasi seperti tenaga kesehatan khususnya dokter masih diperbolehkan untuk diikuti oleh pelamar yang tidak berdomisili Lubuk Linggau.

Baca: Info CPNS Lubuklinggau Terbaru : Pelamar CPNS Lubuklinggau Wajib Penduduk Asli, Pakai Bukti KTP

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Fasilitasi Pengembangan Kepagawaian BKN Sumsel, Walter Marianus mengatakan hal itu diperbolehkan asalkan peraturan khusus tersebut tidak bertentangan dengan peraturan pemerintah.

"Boleh saja, asal regulasinya memunginkan. Hanya saja peraturan khusus ini diharuskan tidak bertentangan dengan Peraturan Pemerintah, tidak diskriminatif dan sebagainya," ujar Walter. Kamis (20/9/18)

Ia juga menerangkan aturan khusus itu dibuat adanya kemungkinan pengalaman pemerintah kota setempat banyak diajukan permohonan pindah lokasi bekerja setelah para CPNS lulus menjadi PNS sehingga syarat seperti itu diberlakukan oleh pemerintah setempat.

Baca: Rincian Formasi CPNS 2018 Kemenkumham: Download PDFnya di Sini

"Sepertinya kota lubuk linggau menerapkan itu mungkin karena pengalaman sebelumnya. Dimana banyak PNS yang telah lulus diterima kemudian mengajukan permohonan pindah karena tidak berdomisili di lubuk linggau."

"Sulit bagi saya untuk menilai bertentangan atau tidak. Walaupun sebenarnya daerah juga bisa membuat persyaratan misalnya sanksi denda kalau ada pns yg sudah diterima kemudian mengajukan pindah", pungkasnya.

Sebelumnya, pengumuman formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Kota Lubuklinggau sudah diumumkan di website https://sscn.bkn.go.id, Rabu (19/9/2018) kemarin.

Baca: Rincian Formasi CPNS 2018 Kementerian Riset, Teknologi dan PT (Kemenristekdikti): Download PDF

Pemerintah Kota Lubuklinggau tahun ini menerima penerimaan CPNS sebanyak 125 orang didominasi tenaga pendidik, kesehatan dan beberapa tenaga teknis, dan honorer kategori K2.

Penerimaan CPNS di Kota Lubuklinggau sendiri berbeda dengan daerah-daerah lainya, karena pelamar CPNS di daerah ini diwajibkan mencantumkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kota setempat .

Halaman
12
Penulis: Euis Ratna Sari
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help