CPNS 2018

Berita CPNS Lahat 2018-Pemkab Lahat Tidak Ambil Kuota Formasi 400 CPNS, DPRD Pertanyakan Alasannya

Menurut Marwan, Lahat semestinya dapat kuota sekitar 400-an CPNS dari pemerintah pusat. Namun, jatah tersebut tidak diambil

Berita CPNS Lahat 2018-Pemkab Lahat Tidak Ambil Kuota Formasi 400 CPNS, DPRD Pertanyakan Alasannya
Sripo/ Ehdi Amin
Ratusan PNS di lingkungan Pemkab Lahat saat mengahdiri acara di pendopoan Bupati Lahat. 

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT–Pemerintah Kabupaten Lahat pada tahun ini tidak membuka lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Oleh sebab itu, Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, dalam waktu dekat ini akan memanggil Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkab Lahat.

Ketua Komisi 1 DPRD Lahat, Marwan Ardiansyah SE Msi mengatakan, pihaknya akan mengagendakan rapat dengar pendapat (RDP), BKPSDM terkait CPNS 2018 ini.

Baca: Syarat Tes CPNS, Cek Akreditasi Kampus BAN PT Kalian di Sini, Akreditasi C Bisa Ikut ?

Baca: Jadwal Laga Persahabatan Timnas Indonesia Sebelum Tampil di Piala AFF 2018

Menurut Marwan, Lahat semestinya dapat kuota sekitar 400-an CPNS dari pemerintah pusat. Namun, jatah tersebut tidak diambil.

“Dalam waktu dekat ini, akan memanggil dan duduk satu meja dengan BKPSDM, sehubungan tidak ada penerimaan CPNS,” tegasnya saat dihubungi, Jumat (14/9).

Ia menegaskan, tidak adanya penerimaan CPNS 2018 ini, sama saja menutup kesempatan bagi putra daerah, guna mengabdi di instansi pemerintahan.

Baca: Egy Maulana Vikri Bingung Dapat Tampil di Piala Asia U-19 atau TIdak, Padahal Target Piala Dunia

Baca: Lowongan Kerja Kementerian Koordinator Perekonomian Pegawai Pemerintah Non PNS, Daftar di Sini

“Sudah 10 tahun terakhir ini, Kabupaten Lahat tidak menerima CPNS, justru ini akan membuat lulusan sarjana semakin menumpuk saja,” kata Marwan.

Sebelumnya, Kepala BKPSDM Kabupaten Lahat, Drs H Rachmat Surya Effendi MM melalui Sekretaris Widi Widianto, membenarkan tidak adanya pengajuan formasi bagi CPNS. “Baik itu, formasi umum, khusus dan honorer kategori ll (K-ll), hingga kini, belum ada instruksi untuk penerimaan CPNS 2018,”terangnya.

Ia mengemukakan, sejauh ini, untuk ASN di Kabupaten Lahat, tergolong cukup dengan tenaga yang ada, selain itu, tinggi belanja pegawai lebih dari 50 persen, secara otomatis tidak dibuka penerimaan pegawai negeri baru.

Baca: Berita CPNS 2018-Jadwal dan Rincian Formasi Kuota Muaraenim, OKU, Muratara, Palembang

Baca: Kubu Prabowo Usul Debat Pakai Bahasa Inggris, Kubu Jokowi Usulkan Hal Ini

“Jika dibandingkan belanja untuk pembangunan. Sehingga tidak disetujui Kemenpan dan RB,” ulas Widi.

Widi menuturkan, jumlah ASN di Lahat sendiri sebanyak 6.863 orang, terdiri dari, golongan l tercatat ada 56 orang, golongan ll mencapai 1.302 pegawai, golongan lll sebanyak 4.088 dan golongan lV hanya 1.417 ASN.

“Memang jumlahnya mengalami penurunan, jika dibandingkan tahun sebelumnya, dimana, pengurangan tersebut dikarenakan, pensiun atau pindah ke daerah lain,”katanya. (SP/ Ehdi Amin)

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved