Idul Adha 1439 H

Harga Hewan Kurban Kambing dan Sapi di Palembang Naik, Ini Rinciannya

Hewan kurban mulai banyak dibeli. harga kambing di tahun ini lebih mahal, naik sekitar 10 sampai 20 persen.

Harga Hewan Kurban Kambing dan Sapi di Palembang Naik, Ini Rinciannya
Tribun Sumsel/ Euis Ratna Sari
Dua pekan menjelang hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah, hewan kurban sudah mulai di perdagangkan di beberapa titik kawasan Palembang, Selasa (7/8/2018) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Dua pekan menjelang hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah, hewan kurban sudah mulai di perdagangkan di beberapa titik kawasan Palembang.

Menurut seorang penjual hewan kurban kambing di jalan Demang Lebar Daun, harga penjualan kambing meningkat hingga 20 persen dibandingkan Idul Adha tahun kemarin.

Deri (24), seorang pedagang mengatakan, dalam waktu sepekan ini ia dan ayahnya mulai menjual hewan kurban kambing.

Ia memperkirakan ada jumlah peningkatan harga kambing di tahun ini dibandingkan tahun kemarin.

Baca: Perjuangan Anak Tukang Sol Sepatu di Bawah Jembatan Ampera Lulus Tes Polisi, Sempat 2 Kali Gagal

"Kalo perbedaan dari tahun kemaren tuh, caknyo hargo kambing di tahun ini lebih mahal ye, kiro-kiro sekitar 10 sampe 20 persen", kata Deri.

Harga kambing saat ini dibanderol berdasarkan besaran ukuran kambing.

Untuk kambing ukuran kecil dengan berat 15-20 kg seharga Rp 1,8 juta, ukuran kambing sedang dengan berat 25-30 kg seharga Rp 2,8 - Rp. 3 juta, dan kambing ukuran besar dengan berat 40 kg seharga Rp 4,5 juta.

Baca: Tersisa 1 Armada Badan Layanan Penyediaan Air Minum Musirawas Layani 5 Desa Krisis Air

Sebanyak 30 kambing yang disiapkan untuk kurban. Sebanyak 5 kambing sudah terjual dalam waktu seminggu. Hewan kurban kambing yang ia jual berasal dari Lampung dan Sumatera.

Tidak banyak perbedaan yang terdapat antara kambing Lampung dan Sumatera. Hanya perbedaan fisik yang meliputi, daun telinga kambing lampung berbentuk panjang dan jatuh kebawah, sementara daun telinga kambing sumatera kecil dan tegak ke atas.

Sejauh ini belum ada pemeriksaan kesehatan untuk hewan kurban dari dinas kesehatan Palembang. Namun, Deri dapat meyakini bahwa semua hewan kurban kambing yg ia jual memenuhi syarat-syarat hewan kurban layak dijual dan dikonsumsi.

Penulis: Euis Ratna Sari
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved