Berita Muratara

Gunakan Obor Keliling Kampung dan Diiringi Gendang, Ini Cara Warga di Muratara Sambut Ramadan

Menyambut bulan suci ramadan ratusan warga Desa Noman Baru, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara menggelar pawai obor akbar.

Gunakan Obor Keliling Kampung dan Diiringi Gendang, Ini Cara Warga di Muratara Sambut Ramadan
TRIBUNSUMSEL.COM/FARLIN ADDIAN
Iringan warga Desa Noman Baru, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara menggelar pawai obor sambut bulan suci Ramadan. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com Farlin Addian

TRIBUNSUMSEL.COM MURATARA -- Menyambut bulan suci Ramadan ratusan warga Desa Noman Baru, Kecamatan Rupit, Kabupaten Muratara menggelar pawai obor akbar.

Peserta pawai obor ini lebih dominan diikuti siswa dan siswi SD, SMP atau MTs dan SMA dengan mengelilingi sebanyak 7 kampung di Desa Noman Baru.

Bersama kepala desa dan perangkatnya diikuti juga rombongan kepengurusan Karang Taruna desa, aksi mereka memadati jalan poros desa.

Aksi pawai obor yang dilakukan ini bukan hanya dimeriahkan dengan terangnya cahaya obor yang dibawa keliling kampung karena seriap langkah mereka diiringi suara gendang dan lantunan religi islam.

Ketua Karang Taruna Desa Noman Baru, Vico mengatakan pawai obor ini merupakan tradisi warga desa yang dilakukan setiap menyambut bulan suci ramadan.

"Aksi pawai obor ini memang sudah menjadi tradisi kita dikampung setiap menyambut bulan puasa dan kita berharap tradisi ini terus berlanjut," katanya.

Dijelaskannya, pawai obor ini merupakan kegiatan positif dan bisa mempersatukan masyarakat dengan dibuktikan semangat bersama dalam mengikuti pawai menyambut bulan puasa.

"Jika melihat kemajuan zaman saat ini tidak mudah mempertahankan tradisi lama, apalagi kecanggihan teknologi terus berkembang," tuturnya.

Terpisah, Tadho seorang siswa SDN 1 Desa Noman Baru mengatakan dirinya sangat senang sekali mengikuti pawai obor ini dalam menyambut bulan suci ramadan.

"Saya senang sekali mengikuti pawai akbar ini, kita bisa bermain sama teman teman yang lain, pokok nya saya senang," ujarnya.

Sedangkan Kepala Desa Noman Baru, Aima Amirudin melalui sekretaris Desa (Sekdes) Endar, mengatakan pelaksanaan pawai obor ini berkat kreatifitas warga desa bersama Karang Taruna.

"Pawai obor ini dilakukan merupakan kemeriahan warga bisa kembali merasakan bulan puasa dan diharapkan seterusnya tahun depan," ujarnya.

Sebagai pemerintah desa lanjutnya, terus mendukung kegiatan kegiatan positif yang dilakukan masyarakat guna menciptakan kesatuan dan kerjasama yang baik dan menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Memang inii tradisi kita dan senang bisa mempertahankannya," ujarnya.

Penulis: Farlin Addian
Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved