TribunSumsel/

Road To Asian Games 2018

PLN Jamin Listrik Tak Berkedip Selama Helatan Asian Games 2018

“Insya Allah pasokan listrik di Jakabaring cukup dan aman. Tidak akan padam bahkan tidak akan berkedip,” kata Daryono di hadapan

PLN Jamin Listrik Tak Berkedip Selama Helatan Asian Games 2018
Net

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dipastikan listrik tak akan padam selama Asian Games 2018 berlangsung.

Hal tersebut disampaikan oleh General Manager PLN Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (WS2JB) Daryono pada Penyalaan Pertama Gardu Traksi LRT di Jakabaring dan Peresmian Ruang Distribution Control Center yang berada di Kantor Area Pelayanan Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Rabu (20/12).

“Insya Allah pasokan listrik di Jakabaring cukup dan aman. Tidak akan padam bahkan tidak akan berkedip,” kata Daryono di hadapan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Daryono mengatakan kebutuhan total daya untuk pasokan LRT sebesar hampir 40 MVA. Kebutuhan tersebut disuplai dari 9 Gardu Induk Kota Palembang dengan total kapasitas 815 MVA, 9 Gardu Hubung dan 18 penyulang sepanjang 83.6 Kms, dimana untuk keandalannya masing-masing station akan disupplai minimal dari 2 suplai dari gardu induk/trafo yang berbeda dengan fasilitas ATS (Automatic Transfer Switch) dan sistem SCADA.

“Pekerjaan persiapan dimulai sejak Maret 2017, sampai dengan saat ini sudah mencapai 90 persen,” ungkapnya.

Ia merincikan beberapa pekerjaan yang sudah dilakukan diantaranya pekerjaan penarikan SKTM 83.6 Kms mencapai 100 persen, peninggian tower transmisi di 3 titik perlintasan (KM 5, Depan Polresta, Depan OPI Mall) mencapai 100 persen, pembangunan tambahan gardu induk baru (GI Gandus 100%, operasi Okt 2016, GI New Jakabaring 100% operasi Nov 2016, GI Kenten 87.43% On Going progres dan direncanakan operasi bulan Desember 2017), pembangunan gardu hubung mencapai 100% dan pemasangan kubikel di station on progres.

“Dan hari ini (kemarin) untuk tahap awal dinyalakan Gardu Traksi 8 yang berlokasi di depan GOR Jakabaring, Gardu Traksi 7 yang berlokasi di depan Polresta Palembang dan Stasiun OPI yang berada di depan OPI Mall, hal ini sebagai dukungan PLN untuk persiapan pengujian peralatan dan unit kereta LRT,” ujar Daryono.

Persiapan PLN lainnya dalam rangka mendukung pasokan listrik untuk Perhelatan Asian Games 2018, sambung Daryono antara lain perkuatan wilayah Jakabaring.

Diprediksikan kebutuhan pasokan daya untuk penyelenggaraan Asian Games di kawasan JSC sebesar 20 hingga 25 MW dipersiapkan pasokan dari Gardu Induk Jakabaring dengan kapasitas 2 x 60 MVA atau 120 MW.

Untuk mendukung penyelenggaraan tersebut PLN mengembangkan Skema ZDT (Zero Down Time) dilokasi Jakabaring Sprot City.

Dalam mengembangkan Skema tersebut PLN telah mempersiapkan kawasan Jakabaring akan disuplai dari GI New Jakabaring dengan Backup GI Bungaran, GI SeiJuaro serta PLTMG Jakabaring 3x16 MW.

Disamping itu juga telah disiapkan 2 UPS Mobile, 14 Genset Mobile dan 8 Unit Gardu Bergerak.

“Dalam mengendalikan sistem tersebut juga akan terkoneksi ke sistem SCADA. Seluruh pekerjaan terkait kawasan Jakabaring Sport City telah dimulai sejak awal tahun 2017 sampai saat ini mencapai 80 persen ditargetkan selesai seluruhnya bulan Februari 2018,” terangnya.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengapresiasi apa yang menjadi niat PLN agar tidak berkedip. Namun Alex meminta kepada pihak PLN agar tidak hanya pas Asian Games berlangsung menjamin bahwa listrik tidak akan padam, tapi setelah pelaksanaan pula tak kalah penting.

“Untuk Asian Games aman, tapi pertanyaan saya after Asian Games? Sekali disini tidak akan mati lampu, ya seterusnya pak (tidak mati lampu),” ujar Alex.

Editor: Kharisma Tri Saputra
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help