TribunSumsel/

Ekstrakulikuler Seni SMPN 1 Model Babat Toman, Tempat Bagi Siswa Kembangkan Minat dan Bakat

Anak muda zaman sekarang begitu rentan menjadi pecandu narkoba yang pada awalnya hanya coba-coba.

Ekstrakulikuler Seni SMPN 1 Model Babat Toman, Tempat Bagi Siswa Kembangkan Minat dan Bakat
Feri Andika SPd

TRIBUNSUMSEL.COM-Anak muda zaman sekarang begitu rentan menjadi pecandu narkoba yang pada awalnya hanya coba-coba.

Untuk menghindari penyalahgunaan narkoba, pemuda zaman sekarang harus selalu diarahkan ke hal-hal  yang sifatnya positif.

Sekolah sebagai tempat paling strategis untuk mengarahkan anak-anak melakukan kegiatan bermanfaat sebagai wadah untuk menggali minat dan bakat mereka.

Seperti yang dilakukan di SMP Negeri 1 Model Babat Toman, Musi Banyuasin dengan mengadakan ektrakulikuler Seni, khusunya seni vokal.

Ekstrakulikuler dibentuk sebagai usaha untuk mengembangkan bakat dan minat siswa.

Hal tersebut dikatakan pembimbing seni musik (vocal) SMP Negeri 1 Babat Toman, Feri Andika SPd,  dengan diadakannya ektrakulikuler vocal ini diharapkan siswa mampu untuk menggali potensi bakat minat yang dimiliki masing-masing.

"Lewat ekstrakulikuler ini, para siswa yang mempunyai bakat di bidang tarik suara bisa mengembangkan potensi yang mereka miliki. Di ekstrakulikuler ini mereka dilatih dan dibimbing bagaimana melatih vokal yang baik dan benar"ujarnya.

Selain itu tujuan terpenting dari ekstrakulikuler ini adalah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme siswa.

Pasalnya, salah satu lagu yang harus dikuasai siswa adalah lagu-lagu nasional dan lagu daerah budaya setempat , khususnya kesenian di Kabupaten Musi Banyuasin.

"Melalui kegiatan ini diharapkan kedepannya kita bisa melahirkan para generasi siswa yang lebih kompetitif tidak hanya bidang akademik tapi juga non-akademik”jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ekstra  vocal di sekolah diharapkan siswa juga lebih peduli terhadap terhadap seni daerah sendiri untuk mengembangkan dan melestarikannya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Model babat toman Muri S Pd M Si menuturkan, SMPN 1 Model Babat Toman berupaya untuk terus mengembangkan budaya, khususnya budaya Musi Banyuasin, salah satunya lewat kegiatan ektrakulikuler seni.

“Kegiatan ektrakulikuler seni vocal untuk mengembangkan potensi sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa dengan harapan dapat melahirkan output yang tidak hanya berkualitas dalam bidang akademis saja tetapi juga memiliki kemampuan yang dapat melahirkan para seni vocal daerah maupun nasional  ”

Kepala Sekolah dan jajarannya sudah berkomitmen untuk terus menghidupkan kreativitas-kreativitas yang lainnya.

Terpisah hal itu Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Muba Iman Santoso,M.Si mengatakan “Sebuah terobosan yang perlu diapresiasi dan mendapat dukungan semua stakeholder dalam menggali serta mengembangkan potensi peserta didik melalui kegiatan seni vocal" pungkasnya.

Editor: Muhamad Edward
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help