Kunci Jawaban

Contoh Jawaban Bagaimana Pelaksanaan Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang Kontekstual?

Pendekatan kontekstual bertujuan untuk memberikan pengetahuan secara fleksibel kepada para siswa. Caranya adalah dengan menerapkannya dari permasalaha

Penulis: Putri Kusuma Rinjani | Editor: Abu Hurairah
Tribunsumsel.com
Contoh Jawaban Bagaimana Pelaksanaan Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang Kontekstual? 

TRIBUNSUMSEL.COM - Artikel ini akan menyajikan contoh jawaban dari pertanyaan Bagaimana Pelaksanaan Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang Kontekstual?

Pertanyaan tersebut termasuk kedalam pertanyaan cerita reflektif yang dapat dijumpai oleh para guru ketika mengikuti platform Merdeka Mengajar atau PMM.

'Bagaimana Pelaksanaan Prinsip Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran yang Kontekstual?' merupakan pertanyaan yang berkaitan dengan cara pembelajaran yang fleksibel dan sesuai dengan sistem yang telah dibuat oleh kurikulum Merdeka.

Contoh jawaban yang tertera dalam artikel ini, diharapkan dapat membantu setiap guru pada saat proses pembelajaran dengan para siswanya.

[Pertanyaan;]

Bagaimana pelaksanaan prinsip penyusunan alur tujuan pembelajaran yang kontekstual?

[Jawaban Alternatif;]

Pendekatan kontekstual bertujuan untuk memberikan pengetahuan secara fleksibel kepada para siswa. Caranya adalah dengan menerapkannya dari permasalahan yang satu ke permasalahan yang lain.

Pembelajarannya berbasis masalah (problem-based learning) sehingga para siswa akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Penyusunan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) nantinya harus memiliki tujuan kontekstual yang memberikan motivasi kepada para siswa untuk mampu menghubungkan materi yang dipelajarinya dengan pengalaman belajarnya.

Termasuk juga dalam konteks kehidupan mereka sehari-hari agar dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan tersebut untuk memecahkan masalah dalam keseharian mereka.

Pelaksanaan prinsip ATP seperti ini disebut “Contextual Teaching and Learning’ (CTL). Para siswa akan dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Caranya adalah dengan aktif mencari jawaban atas masalah yang dihadapinya.

Namun para guru harus memberikan fasilitas kondisi yang aman, nyaman serta kondusif, agar para siswa dapat membuat kesimpulan sendiri dengan cara yang logis, kritis, dengan cara membuat analisis yang sistematis.

Baca juga: Soal dan Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Hal 154, Iradhul Basyariyah Merupakan

Penerapan pendekatan kontekstual seperti ini bisa dilakukan dengan melaksanakan hal berikut:

  • Mengembangkan metode belajar mandiri.
  • Melaksanakan penemuan.
  • Menimbulkan rasa ingin tahu para siswa.
  • Menghadirkan ‘model’ dalam pembelajaran.
  • Melakukan refleksi pada setiap akhir pembelajaran.
  • Membuat penilaian yang sebenarnya.
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved