Berita Ogan Ilir

Jadwal Tes Wawancara Calon Anggota PPS Pemilu 2024 di Ogan Ilir

Jadwal tes wawancara calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 di Ogan Ilir.

TRIBUNSUMSEL.COM/AGUNG
Ketua KPU Ogan Ilir, Massuryati. Jadwal Tes Wawancara PPS Pemilu 2024 di Ogan Ilir 

TRIBUNSUMSEL.COM, INDRALAYA - Usai mengumumkan hasil tes tertulis calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Ilir segera melakukan tes wawancara PPS Pemilu 2024.

Dari hasil seleksi tertulis, didapatkan 1.446 peserta yang selanjutnya akan mengikuti seleksi pamungkas, yakni tes wawancara PPS Pemilu 2024.

Ketua KPU Ogan Ilir, Massuryati mengatakan, tes wawancara PPS akan dimulai tanggal 18 hingga 20 Januari mendatang.

"Tes wawancara selama tiga hari," kata Massuryati dihubungi melalui telepon, Minggu (15/1/2023).

Dijelaskannya, dari hasil tes wawancara akan diambil tiga orang anggota PPS untuk setiap desa, baru selanjutnya tahap penetapan. 

"Jadi, jumlah anggota PPS di Ogan Ilir yang kami butuhkan sebanyak 723 orang, diambil tiga orang per desa maupun kelurahan," papar Massuryati.

KPU Ogan Ilir sendiri mengantisipasi agar tak banyak jatuh korban jiwa dari kalangan KPPS, PPK dan PPS pada Pemilu 2024.

Belajar dari pengalaman Pemilu 2019, di mana lima petugas KPPS di Ogan Ilir meninggal dunia ditambah lagi ada sejumlah orang yang sakit.

"Yang meninggal setelah dicek memang memiliki penyakit bawaan, diabetes, darah tinggi, paru-paru. Waktu itu kami datang langsung menyambangi rumah duka dengan menyerahkan bantuan sebesar Rp 33 juta per orang," ungkap Massuryati.

Untuk mencegah hal serupa kembali terulang, KPU Ogan Ilir sebelumnya telah menentukan persyaratan administrasi kesehatan untuk rekrutmen petugas pada Pemilu 2024.

Pertama, mulai dari pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), harus melampirkan hasil pemeriksaan bebas komorbid seperti gula darah, tekanan darah, kolesterol, jantung.

"Kami ingin memastikan bahwa calon petugas tersebut tidak memiliki penyakit bawaan," ucap Massuryati.

Baca juga: Daftar Nama Pejabat Polres Ogan Ilir Tahun 2023, Lengkap Nomor Telepon dan WA Pengaduan Masyarakat

Kedua, berkaca dari Pemilu 2019 di mana petugas KPPS banyak berusia 60 tahun, maka untuk Pemilu 2024 usianya dibatasi maksimal 55 tahun.

"Kalau 2019, itu banyak KPPS para pensiunan, usia sekitar 60 tahun. Mudah-mudahan 2024 mendatang, baik KPPS, PPK dan PPS dapat menjalankan tugas dengan baik serta sehat wal afiat," ucap Massuryati.

 

Baca Berita Lainnya di Grup whatsapp Tribunsumsel

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved