Berita Palembang

Rute Feeder LRT Palembang, Ada 7 Koridor, Ongkos Gratis Cara Naik Pakai E-Money

Rute feeder LRT Palembang saat ini sudah ada 7 koridor, ongkos gratis cara naiknya pakai e-money.

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI
Rute feeder LRT Palembang saat ini sudah ada 7 koridor, ongkos gratis cara naiknya pakai e-money. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Rute feeder LRT Palembang saat ini sudah ada 7 koridor, ongkos gratis cara naiknya pakai e-money.

Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Mohammad Risal Wasal dan Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Suharto resmi meluncurkan lima koridor baru untuk Feeder LRT. Selain itu turut dihadiri Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi secara virtual.

"Hari ini resmi dibuka lima koridor baru untuk Feeder LRT sekaligus menggalakan Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum (GNKAU)," kata Risal Wasal usai Peluncuran Lima Koridor Feeder LRT dan GNKAU di Palembang Icon, Sabtu (10/12/2022)

Menurutnya, lima koridor baru tersebut yaitu Stasiun LRT, Asrama Haji Talang Betutu Pulang Pergi. Kemudian, Stasiun LRT Polresta tujuan Komplek Perumahan Ogan Permai Indah pulang pergi.

Stasiun LRT Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Sumsel, Siti Fatimah tujuan Sukawinatan. Lalu Stasiun DJKA tujuan Tegal Binangun pulang pergi dan Stasiun LRT Bumi Sriwijaya ke Bukit Siguntang dan Kamboja pulang pergi.

Baca juga: Sejumlah Wilayah Palembang Pemadaman Listrik Hari Ini, Penjelasan PLN

Dengan ditambahnya lima koridor Feeder LRT, jadi ada tujuh koridor Feeder LRT.

Sebab dua koridor sudah berjalan yaitu Talang Kelapa tujuan Talang Buruk via Stasiun Asrama Haji, pulang pergi. Kemudian dari Stasiun Asrama Haji ke Sematang Borang via Jalan Noerdin Panji pulang pergi.

"Feeder ini bukan untuk menyaingi tapi saling melengkapi darat, laut dan udara. Nantinya cukup satu tiket untuk semua angkutan umum," ungkapnya

Sementara itu Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa naik Feeder LRT ini gratis, sampai dengan dievaluasi lebih lanjut. Untuk naik Feeder LRT ini menggunakan kartu e money.

"Palembang salah satu kota khusus karena Palembang sudah memiliki LRT pertama di Indonesia. Bahkan Palembang jadi contoh yang lengkap, ada angkutan udara, angkutan air, LRT, dan bus," kata Budi

Untuk itu menurut Budi, kalau ingin dikembangkan maka perlu upaya untuk melengkapi, seperti Feeder ini sudah jadi suatu keharusan ada. Maka mari galakkan GNKAU.

Sedangkan Suharto mendambakan, bahwa sudah dipersiapkan sistem terintegrasi antara feeder dan LRT, maupun BRT, dan lain-lain. Selain itu juga nantinya akan diintegrasikan dengan angkutan sungai.

"Kami memberikan bukti bukan janji.
Harapannya semakin memanjakan masyarakat untuk naik angkutan umum. Kedepannya untuk menambah rasa kenyamanan, cukup satu tiket saja bisa naik Feeder, LRT, BTS dan angkutan sungai," ungkapnya

Menurutnya, semua itu akan dilakukan secara bertahap, dimulai dari Feeder, BTS dan akhirnya terintegrasi dengan angkutan sungai. Untuk Feeder LRT ini total ada 58 mobil. Untuk satu koridor berapa mobil, menyesuaikan demand.

Sementara itu selain peluncuran lima koridor baru juga ada MOU tiket integrasi antara Dirjen Perhubungan Darat dan Bank Sumsel Babel, untuk intergasi angkutan umum menggunakan e money atau uang elektronik.

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved