Berita Muratara

Polisi Sebut Perda Larangan Pesta Malam di Muratara Tekan Peredaran Narkoba

Peraturan daerah (Perda) tentang larangan pesta malam di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) berpengaruh signifikan menekan peredaran narkoba.

TRIBUNSUMSEL.COM/RAHMAT
Kasat Res Narkoba Polres Muratara, AKP Darmanson 

Laporan Wartawan TribunSumsel.com, Rahmat Aizullah 


TRIBUNSUMSEL.COM, MURATARA - Polisi menyebut peraturan daerah (Perda) tentang larangan pesta malam di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) berpengaruh signifikan menekan peredaran narkoba.

"Adanya Perda larangan pesta malam itu sangat berdampak positif bagi masyarakat, juga bagi penegakan hukum terkait masalah narkoba," kata Kasat Narkoba Polres Muratara, AKP Darmanson pada TribunSumsel.com, Jumat (9/12/2022). 

Menurut pengamatan kepolisian, sejak diberlakukannya Perda larangan pesta malam, membuat ruang gerak pecandu dan pengedar narkoba menjadi semakin menyempit. 

Sebab, kata Darmanson, pesta malam sering menjadi tempat terjadinya transaksi atau pemakaian narkoba dengan jumlah besar-besaran. 

"Karena di pesta malam itu bisa sampai puluhan orang pakai narkoba, atau mungkin ratusan dalam satu malam. Kita kesulitan, tidak mungkin mengetes urine orang di sana satu-satu," katanya.

Darmanson mengakui walaupun dihilangkannya pesta malam di Kabupaten Muratara, bukan berarti peredaran narkoba di daerah ini tidak ada lagi, namun setidaknya bisa ditekan.

Baca juga: Gerak Gerik Mencurigakan Kemudian Jujur, Wanita di Muratara Langsung Diangkut Polisi

 Pasalnya, kata dia, para pecandu atau pengedar narkoba tidak bisa lagi memanfaatkan waktu dan tempat di acara-acara pesta malam untuk jual beli barang haram itu. 

"Untuk pengguna narkoba yang selama ini mengandalkan momen pesta malam untuk mengkonsumsi narkoba itu bisa sangat drastis menurunnya. Kebetulan juga di Muratara ini tidak ada cafe-cafe tempat hiburan malam," ujarnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved