Berita Palembang

Sosok Andika, Nelayan di Sungai Musi Selamatkan Wanita Lompat dari Jembatan Ampera

Aksi Andika (39) nelayan pencari ikan di Sungai Musi yang menyelamatkan seorang wanita nekat melompat dari atas Jembatan Ampera menuai pujian.

Penulis: Rachmad Kurniawan | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/RACHMAD KURNIAWAN
Sosok Andika (39) nelayan pencari ikan di Sungai Musi yang menyelamatkan seorang wanita melompat dari Jembatan Ampera saat menerima apresia dan bantuan dari Satpolairud Polrestabes Palembang, Kamis (1/12/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Aksi Andika (39) nelayan pencari ikan di Sungai Musi yang menyelamatkan seorang wanita janda ibu tiga anak yang nekat melompat dari atas Jembatan Ampera beberapa hari lalu, menuai pujian.

Atas tindakan heroik yang dilakukannya, Andika mendapat apresiasi dan sejumlah bantuan dari Satpolairud Polrestabes Palembang.

Penyelamatan dari percobaan bunuh diri yang dilakukan perempuan bernama Heni (25) warga Kenten Laut tersebut dilakukan Andika pada, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 10:00 WIB.

"Saat itu saya lagi menebar jala di Sungai Musi untuk menangkap ikan, terus tiba-tiba mendengar suara sesuatu yang jatuh dari atas disertai teriakan 'Aw! '. Lalu saya mendekat, " kata Andika kepada Tribunsumsel.com, Kamis (1/12/2022).

Mulanya ia tidak mengira jika yang jatuh tersebut adalah seorang manusia.

Namun, karena melihat ada gerakan tubuh di dalam air akhirnya ia baru menyadari.

"Saya kira orang buang sampah atau apa Mas, ternyata perempuan. Pas ditanya dia kenapa ngakunya jatuh dari atas Jembatan," katanya.

Baca juga: Pasal Cemburu, Warga Perumnas Talang Kelapa Palembang Larikan Motor Pria Idaman Lain

Andika mengatakan saat hendak menyelamatkan Heni ia memegang bahu Heni namun sempat terlepas sehingga Andika turun ke dalam air untuk mendorong tubuh Heni.

"Saya pegang pinggang untuk mendorong tubuhnya, lalu saya minta tolong warga sesama sopir perahu ketek untuk membantu korban dan membawanya ke Pos terdekat, " katanya.

Andika tercatat sebagai warga Jalan Abi Kusno Cokrosuyoso Lorong Patria Kelurahan Kemang Agung, Kertapati Palembang, serta memiliki istri dan dua orang anak.

Ia sehari-hari bekerja sebagai pencari ikan di Sungai Musi.

"Sudah hampir 16 tahun saya kerja cari ikan di Sungai Musi, " katanya.

Setelah menyelamatkan Heni dari maut, ia mengaku sempat khawatir karena takut bakal dicari polisi.

"Dalam pikiran saya wah bakal dicari, awalnya saya takut. Tapi ternyata Pak Polisi mau kasih bantuan dan ucapan terimakasih ke saya. Saya jujur ikhlas menolong perempuan itu, " ungkapnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved