Arti Kata Bahasa Arab

Arti Fii Sabilillah Adalah, Salah Satu Golongan Penerima Zakat, Siapa Mereka?

Para fisabilillah penerima zakat saat ini dapat berupa organisasi penyiaran dakwah Islam di kota-kota besar, maupun syiar umat Islam di daerah

Penulis: Lisma Noviani | Editor: Lisma Noviani
tribunsumsel grafis/khoiril
Para fisabilillah penerima zakat saat ini dapat berupa organisasi penyiaran dakwah Islam di kota-kota besar, maupun syiar umat Islam di daerah terpencil. 

TRIBUNSUMSEL.COM ---- Arti Fii Sabilillah Adalah, salah satu golongan penerima zakat, siapa mereka?

Kata fii sabilillah, masuk dalam kriteria dan golongan penerima zakat yang disebut Mustahik. Di antara kriteria mustahik tersebut yakni fakir, miskin, amil, mualaf, ghorim,  riqob, fii sabilillah dan ibu sabil.

 

Arti fii sabilillah

Dikuti dari Wikipedia, pengertian Fisabilillah adalah orang berjuang di jalan Allah dalam pengertian luas. Tidak hanya berperang seperti pengertian di zaman nabi.

Intinya fi sabilillah adalah mereka yang melindungi dan memelihara agama serta meninggikan kalimat tauhid, seperti berdakwah dan  berjuang di jalan islam.

Zakat untuk golongan ini disalurkan kepada para mujahidin, dai sukarelawan, serta pihak-pihak lain yang mengurusi aktivitas dakwah, seperti guru mengaji, guru TPA, sukarelawan yang butuh dibantu serta orang-orang lain yang berjuang dalam dakwah dan ilmu. Apa lagi bila mereka berjuang di daerah yang padat penduduk, atau di daerah yang terpencil yang secara ekonomi mereka berkekurangan.

Quran Surat At Taubah ayat 60,  Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman tentang 8 golongan yang berhak menerima zakat.

إِنَّمَا الصَّدَقَاتُ لِلْفُقَرَاءِ وَالْمَسَاكِينِ وَالْعَامِلِينَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوبُهُمْ وَفِي الرِّقَابِ وَالْغَارِمِينَ وَفِي سَبِيلِ اللَّهِ وَابْنِ السَّبِيلِ فَرِيضَةً مِنَ اللَّهِ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ

Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu’allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS. At Taubah: 60).

Golongan fisabilillah adalah seseorang atau sebuah lembaga yang memiliki kegiatan utama berjuang di jalan Allah dalam rangka menegakkan agama Islam.

Para fisabilillah penerima zakat saat ini dapat berupa organisasi penyiaran dakwah Islam di kota-kota besar, maupun syiar umat Islam di daerah terpencil.

Itulah arti Fii Sabilillah Adalah, salah satu golongan penerima zakat, siapa mereka?

Baca juga: Arti Ulul Azmi Adalah, Gelar yang Diberikan kepada 5 Nabi dan Rasul, Berikut Penjelasan dan Cirinya

Baca juga: Arti Muzakki dan Mustahik Adalah, Istilah Bahasa Arab Terkait Zakat, Kriteria dan Macam-macamnya

Baca juga: Arti Infaq, Sedekah dan Zakat, Berikut Penjelasan Mengapa Allah SWT Perintahkan Melaksanakannya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved