Berita Nasional

Ketua DPR RI Puan Maharani Bereaksi Usai Laksamana Yudo Margono Ditunjuk Jadi Calon Panglima TNI

Seperti diketahui, Surat Presiden (Surpres) usulan Panglima TNI baru pun sudah disampaikan ke DPR pada Senin (28/11/2022) kemarin.

Editor: Slamet Teguh

TRIBUNSUMSEL.COM - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono telah ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Panglim TNI.

Yudo Margono ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Seperti diketahui, Surat Presiden (Surpres) usulan Panglima TNI baru pun sudah disampaikan ke DPR pada Senin (28/11/2022) kemarin.

Surpres tersebut, diserahkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno dan diterima Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Puan menyebut, DPR segera menindaklanjuti surat pergantian Panglima TNI itu sebelum sidang penutupan sidang DPR atau reses, 15 Desember 2022.

“Kami pimpinan DPR akan menindaklanjuti terkait dengan mekanisme yang ada di DPR untuk menugaskan Komisi terkait atau Komisi I untuk melaksanakan mekanisme terkait dengan pergantian atau pengangkatan Panglima TNI yang baru,” kata Puan, dikutip Tribunnews.com dari kanal YouTube DPR RI, Selasa (29/11/2022).

Menurut Puan, DPR masih mempunyai waktu yang cukup untuk memproses pergantian Panglima TNI baru sesuai mekanisme perundang-undangan.

“Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada tanggal 21 Desember dan memasuki masa pensiun sebagai TNI yakni 1 Januari 2023."

"Artinya, DPR masih mempunyai waktu yang cukup untuk kemudian melaksanakan semua mekanisme untuk melaksanakan pengangkatan dan pergantian Panglima TNI yang akan datang,” jelasnya.

"Waktunya masih lama untuk melaksanakan mekanisme yang ada," lanjut Puan.

Sejak diterima DPR pada Senin (28/11/2022), Puan mengatakan, masih ada 17 hari lagi untuk menindaklanjuti Surpres pergantian Panglima TNI.

"Dari surat ini diterima, hari ini tanggal 28 November 2022, ada 17 hari sebelum sidang masa penutupan 15 Desember 2022," ungkapnya.

Puan menegaskan, pihaknya akan menyelesaikan semua proses pergantian Panglima TNI sebelum 15 Desember 2022.

"Insyaallah akan selesai sebelum masa reses 15 Desember 2022. Waktunya masih cukup panjang, lama untuk DPR melaksanakan mekanisme yang ada," ucap putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved