Pemilu 2024

Jadwal Perpanjangan Pendaftaran Panwascam Pemilu 2024, Berikut Penjelasan Bawaslu

Jadwal perpanjangan pendaftaran panwascam pemilu 2024 dilakukan selama 7 hari karena belum terpenuhinya kuota perempuan.

TRIBUNSUMSEL.COM
Ilustrasi Bawaslu. Jadwal Perpanjangan Pendaftaran Panwascam Pemilu 2024 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG, -- Sejumlah pendaftaran panitia pengawal pemilu kecamatan (panwascam) pemilu 2024 diperpanjang. 

Di Sumsel, Perpanjangan pendaftaran panwascam Pemilu 2024 hampir seluruh daerah 17 Kabupaten/kota se Sumsel 

Ketua Bawaslu Sumsel Yenli Elmanoferi, pasca berakhirnya massa pendaftaran Panwascam yang berakhir pada 27 September 2022.

"Kami sudah instruksikan Bawaslu kabupaten kota untuk menghitung, jika belum terpenuhi ketentuan pedoman pembentukan Panwascam, maka diperpanjang selama tujuh hari, tapi jika sudah terpenuhi tidak perlu lagi, " kata Yenli, Rabu (28/9/2022). 

Dijelaskan Yenli, dari laporan rekap sementara memang jika melihat keseluruhan minus Banyuasin, hanya Kota Prabumulih yang telah mencapai 34 persen kuota perempuan dari total yang daftar. 

"Namun satu Kecamatan, dikabarkan belum memenuhi 30 persen. Jadi  satu Kecamatan yang ada akan diperpanjang proses pendaftarannya selama 7 hari kedepan, " ujar Yenli. 

Diterbangkan Yenli, berdasarkan pedoman pembentukan Panwascam, ketentuan diperpanjang pendaftaran itu apabila belum terpenuhi 2 kali kebutuhan (3 orang) yang daftar yaitu minimal 6 orang untuk setiap Kecamatan.

Kedua, apabila kebutuhan pendaftar terpenuhi 6 terpenuhi namun kuota perempuan belum terpenuhi 30 persen (minimal 2).

"Yang ketiga, apabila 30 persen dari jumlah pendaftar itu perempuan belum mencapai 30 % , maka diperpanjang, dan hari ini akan kami rekap dan kami sudah instruksikan juga kepada kabupaten kota supaya menghitung jumlah pendaftar di masing-masing Kecamatan, apabila belum memenuhi ketentuan maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran, " ucapnya.

Berdasarkan laporan sementara memang belum terpenuhi semua rata-rata, sehingga kemungkinan besar  masih diperpanjang. 

"Kalau jadwal perpanjang masa pendaftaran panwacam dimulai tanggal 2 sampai 8 Oktober, tapi pengumumannya tanggal 1 Oktober. Nanti akan diumumkan perpanjangan untuk daerah-daerah yang belum memiliki ketentuan tadi, jadi bagi masyarakat yang di kecamatan yang dilakukan perpanjangan silakan mendaftar kembali ke Bawaslu kabupaten kota masing-masing, " tuturnya. 

Baca juga: Tahapan Seleksi Panwascam Pemilu 2024 : Setelah Administrasi Lanjut Tes Cat, Dilantik 26-28 Oktober

Ditambahkan Yenli, dengan adanya proses perpanjang pendaftaran itu, maka seleksi Panwascam secara seluruh menunggu yang diperpanjang, dan nantinya akan dilakukan secara serentak. 

"Nah, kalau diperpanjang ini juga belum terpenuhi,kita masih nunggu instruksi dari Bawaslu RI terkait. Misalnya kebutuhan 6 yang mendaftar baru 5, tapi InsyaAllah tidaklah," tandasnya serapan perintah Kordiv SDM Bawaslu RI menyampaikan bahwa 30 % kuota perempuan itu dari jumlah pendaftar keseluruhan. 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved