Berita Palembang

Kabar Pencairan Bansos BBM untuk Ojol di Palembang, Ini Penjelasan Sekda Ratu Dewa

Bantuan untuk Ojol di Palembang dari Pemkot Palembang dikabarkan akan segera cair. Berikut Penjelasan Sekda Ratu Dewa

TRIBUNSUMSEL.COM
Ilustrasi Bantuan. Pencairan Bansos BBM untuk Ojol di Palembang dari Pemkot Palembang 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -Bantuan subsidi kepada pelanggan PDAM dan bantuan untuk driver ojek online (Ojol) di Palembang dikabarkan akan segera cair.

Bantuan dari pemerintah kota (pemkot) Palembang untuk ojol yang terdampak kenaikan BBM itu bersumber dari kalkulasi dana dari DBH (Dana Bagi Hasil) dan DAU (Dana Alokasi Umum) yang di sisihkan 2 persen.

"Maka sesuai dengan arahan Walikota untuk pengendalian inflasi dan juga dampak dari kenaikan BBM. Ada dua program prioritas, yaitu pelanggan PDAM (MBR) yang berpenghasilan rendah dan ojol yang tergabung di ADO," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang Ratu Dewa, Jumat (23/9/2022).

Secara teknis ia verifikasi dulu, dari sisi adminitrasi nya dan faktual ia cek dulu baru disalurkan, karena ada beberapa instansi yang harus di tertibkan termasuk penyampaian surat ke pusat dan provinsi.

Dengan berjumlah 13.700 SR (Sambungan Rumah) dari data PDAM dengan bantuan maksimal nanti Rp. 50 ribu per SR selama 3 bulan yaitu Oktober, November dan Desember dengan dana alokasi diperkirakan Rp. 2,055 Miliyar

"Direncanakan di bulan Oktober kita realisasikan bantuan tersebut yaitu untuk pelanggan PDAM berpenghasilan rendah dan ojol," ucap Ratu Dewa di penutupan acara sepak bola antar kecamatan se-kota Palembang di stadion Kamboja Palembang.

Di samping itu PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Tirta Musi Palembang kini telah berganti status menjadi Perumda (Perusahaan Umum Daerah) Tirta Musi. Perubahan tersebut dilandasi PP No 54 tahun 2017 tentang BUMD.

Ratu Dewa mengatakan ada beberapa hal yang harus dibenahi oleh Perumda khususnya ada lebih kurang 322.400 pelanggan sambungan rumah.

"Yaitu pertama sisi keuangan pdam, sisi sumber daya manusia, operasional," ucap Ratu Dewa.

Baca juga: Melihat Lamanya Inden Mobil Listrik di Palembang, Dealer Tidak Patok Harga

Sekda kota Palembang telah meninjau di beberapa unit Perumda ada beberapa hal yang dibenahi khususunya tingkat kebocoran, pelayanan, keamanan dan masih banyak yang harus ditingkatkan.

"Untuk itu dalam kesempatan ini akan diadakan rapat antara dewas, dpkp dan seluruh jajaran PDAM," tutup Sekda Kota Palembang.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved