Berita Palembang

ASN dan CPNS Dibekali Transformasi Birokrasi, Ciptakan Perubahan SDM Unggul

Agar baik ASN dan para pembina ASN menjadi role model mampu memaparkan nilai Pancasila dalam pekerjaan sehari-hari.

Editor: Slamet Teguh
(instagram @pknstan)
Ilustrasi- ASN dan CPNS Dibekali Transformasi Birokrasi, Ciptakan Perubahan SDM Unggul 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Transformasi Birokrasi digital harus bisa dikuasai Aparatur Sipil Negara (ASN) ketika melayani masyarakat.

Inovasi digital berbasis aplikasi mulai ditanamkan kepada ASN agar mampu mengelola perubahan pelayanan.

Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr Muhammad Taufiq mengatakan, inovasi digital merupakan kemampuan birokrasi yang unggul dalam memimpin perubahan konsep birokrasi.

"Ada beberapa inovasi digital yang sedang dibangun, sesuai peraturan Presiden yang baru. Sebuah tujuan program pelatihan transformasional yang mampu mendorong birokrasi digital dengan era digital berbasis aplikasi, konsep birokrasi sedang diarahkan ke sana, " kata Taufiq usai membuka pelatihan Kepemimpinan Adminstrator ASN dan Latda CPNS, Senin (19/9/2022).

Ia menerangkan ada empat hal yang akan disampaikan dalam pelatihan kepemimpinan administrator ASN meliputi yang pertama mengelola diri sendiri, hal ini berkaitan dengan integritas, kemudian khusus Kepemimpinan Administrator ada pelatihan tentang Kepemimpinan Pancasila.

Agar baik ASN dan para pembina ASN menjadi role model mampu memaparkan nilai Pancasila dalam pekerjaan sehari-hari.

"Yang kedua di samping kelola diri sendiri, harus punya kemampuan mengelola orang lain. Bagaimana membangun tim yang kuat kolaborasi. Ini wajib harus bisa, mewujudkan semangat gotong royong, " katanya.

Baca juga: Pemerintah Buka 530.028 Lowongan ASN Tahun 2022, Bakal Diumumkan Pada Bulan Ini, Berikut Rinciannya

Baca juga: Siap-siap! MenpanRB Abdullah Azwar Anas Sudah Bicara Soal Penempatan ASN di IKN, Gerak Cepat

Ketiga mengelola tugas-tugas kalau administrator bagaimana membangun organisasi berkinerja tinggi kaitannya mereka harus bisa memanfaatkan teknologi digital

Keempat mengelola perubahan pemimpin, tantangannya bagaimana menyiapkan perubahan birokrasi kelas dunia. Birokrasi yang unggul kuncinya mampu menjadikan birokasi yang unggul tidak kalah dengan negara lain

"Di ASEAN punya rekan sekaligus pesaing. Birokrasi yang unggul ada di tangan pemimpin yang melakukan transformasi dan inovasi di tempat kerja, " ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan, CPNS menentukan masa depan bangsa dan daerah dalam menjalankan pemerintahan.

"Bagaimana pemerintahan ini baik akan ditentukan oleh Birokrasi, SDM mulai dari sekarang kita bekali. Kalau niat sudah beda maka hasilnya tidak sesuai, makanya setiap mengambil keputusan renungkan pantas atau tidak, " ujarnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved