Berita Palembang

Inpres Mobil Listrik Keluar, Ini Tanggapan Gubernur Sumsel dan Walikota Pagaralam

Herman Deru dan Walikota Pagaralam menanggapi keluarnya Instruksi Presiden (Inpres) Mobil Listrik yang dikeluarkan Presiden Jokowi.

TRIBUNSUMSEL.COM/WINANDO
Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru saat menghadiri acara peresmian rumah rehabilitasi narkoba Napza Adyaksa di danau wisata Teluk Gelam, Kamis (15/9/2022) sore. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati


TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 7 tahun 2022 tentang percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai di instansi pemerintah pusat dan daerah.

Menanggapi Inpres Mobil Listrik hal tersebut menurut Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru, bahwa ia sudah membeli dan menggunakan mobil listrik.

"Kalau saya sudah memakai mobil listrik. Untuk percepatan, Bupati dan Walikota nanti akan saya buatkan surat edarannya," kata Deru saat diwawancarai di RSUD Siti Fatimah, Kamis (15/9/2022).

Menurut Deru, ia sudah menggunakan mobil listrik, karena memang hemat. Namun memang harga awal mobilnya  ternyata lebih sedikit tinggi, tapi dari segi pemakainya sangat hemat.

"Untuk OPD, nanti kalau bisa dimasukkan dalam APBD berikutnya akan dianggarkan. Akan dibeli banyak namun secara bertahap, karena memang harganya terbilang tinggi," ungkapnya 

Menurut Deru, untuk charger mobil listrik ini bisa di rumah asal voltasenya mencukupi. Jadi untuk chargernya nggak harus ke SPKLU. Untuk SPKLU ini beberapa sudah ada disediakan PLN seperti di Jalan Demang Lebar Daun.

"Kita ingin juga kalau bisa di SPBU-SPBU nantinya disediakan charger kendaraan listrik," katanya

Sementara itu Kabid Ketenagalistrik Dinas ESDM Provinsi Sumsel Idham menambahkan, bahwa pemerintah Provinsi Sumsel sangat konsen sekali terhadap mobil listrik.

"Bahkan kita sudah ada Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 26 tahun 2021 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai," kata Idham yang juga sebagai Plh Sekertaris Dinas ESDM Provinsi Sumsel

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved