Berita Pagaralam

Menparekraf Sandiaga Uno ke Pagaralam, Kunjungi Desa Wisata Tebat Lereh Pagaralam Peraih ADWI 2022

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kratif Sandiaga Salahudin Uno dijadwalkan akan berkunjung ke Kota Pagar Alam, Selasa (13/9/2022).

Editor: Vanda Rosetiati
HANDOUT
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kratif Sandiaga Salahudin Uno dijadwalkan akan berkunjung ke Kota Pagar Alam, Selasa (13/9/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PAGAR ALAM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kratif Sandiaga Salahudin Uno dijadwalkan akan berkunjung ke Kota Pagar Alam, Selasa (13/9/2022).

Sesuai jadwal Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno akan tiba di Pagar Alam pukul 15.00 WIB.

Kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini terkait agenda kunjungannya ke sejumlah desa wisata yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Kota Pagar Alam yaitu Desa Tebat Lereh menjadi salah desa wisata dari 50 besar se Indonesia tersebut sebagai wakil dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Sebagai informasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 merupakan salah satu program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ajang ini untuk kedua kalinya dan tahun ini mengangkat tema "Kebangkitan Ekonomi untuk Indonesia Bangkit".

Baca juga: Tabroni Terdakwa Korupsi Bibit Karet OKI Divonis Bebas, Segera Kembali Kerja di Disbunnak OKI

Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi " Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat".

Tujuan program ini agar menjadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Serta mendorong daerah untuk dapat menciptakan desa wisata baru selanjutnya di wilayahnya yang dapat membangkitkan ekonomi desa.

Kebangkitan ekonomi dari desa-desa untuk membangun Indonesia.

Selain itu dapat menjaring database desa wisata baru dari pendaftaran di website jejaring desa wisata (Jadesta) yang merupakan website resmi yang dikembangkan oleh Kemenparekraf.

Dari data kegiatan Anugerah Desa Wisata tahun 2021 terjaring 1.831 data desa wisata yang ada di Indonesia dan target di tahun 2022 adalah 3.000 desa wisata yang diharapkan terjaring sehingga mempermudah pengembangan desa wisata di Indonesia kedepannya.

Walikota Pagar Alam Alpian Maskoni membenarkan jika hari ini ada agenda kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Kota Pagar Alam.

"Benar, dijadwalkan Pak menteri akan datang ke Pagar Alam untuk beberapa agenda salah satunya yaitu mengunjungi Desa Wisata Tebat Lereh yang masuk dalam 50 besar ADWI tahun 2022," ujarnya. (sp/one)

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved