Harga Sawit Palembang

Harga Sawit Palembang: Harga Sawit di Musi Rawas Hari Ini Rp 1.000-an per Kg Tingkat Petani

Harga sawit Palembang, harga sawit di Musi Rawas Sumsel hari ini berangsur naik menjadi Rp 1.000-an per kg di tingkat petani.

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/EKO MUSTIAWAN
Harga sawit Palembang, harga sawit Musi Rawas hari ini rp 1.000 per kg. Salah satu pengepul Tandan Buah Sawit (TBS) di Desa Y Ngadirejo Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Mura Provinsi Sumsel, Sabtu (3/9/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MUSI RAWAS - Harga sawit Palembang, harga sawit di Musi Rawas Sumsel hari ini berangsur naik menjadi Rp 1.000-an per kg di tingkat petani.

Naiknya harga sawit di Musi Rawas hari ini meski masih jauh dari ketentuan harga sawit Palembang Rp 2.189 per kg tetapi petani mulai semangat.

Pengepul sawit di Musi Rawas juga semangat seiring naiknya harga sawit di Musi Rawas hari dan berharap nantinya harga sawit bisa mencapai harga sawit Palembang Rp 2.000-an per kg.

Disampaikan, Heru salah seorang petani sawit di Desa Sumber Karya Kecamatan STL Ulu Terawas mengatakan, sudah sejak hampir dua bulan lebih harga TBS di tingkat petani naik.

Bahkan, kini sudah diangka Rp1.000 lebih untuk satu kilonya.

"Alhamdulillah, sudah naik harganya. Jadi sekarang mulai lagi ngerawat pohon sawit," kata Heru salah seorang petani, Sabtu (3/9/2022).

Baca juga: Harga Karet Palembang: Update Harga Karet di Empat Lawang Sumsel, Awal September Rp 9.000 per Kg

Dikatakannya, saat ini harga TBS ditingkat petani sudah mencapai Rp1.300 perkilonya.

Kenaikan ini memberikan harapan baru bagi para petani. Hanya saja, dia berharap jika harga TBS kembali normal atau di harga Rp3.000.

"Sebelumnya hanya Rp 900 perkilonya, sekarang sudah mulai naik. Tapi kami berharap agar harga TBS di Kabupaten Mura khususnya bisa kembali normal," jelasnya.

Senada disampaikan, Resiyadi yang juga seorang petani sawit mengaku, sebelumnya saat harga TBS hanya Rp900 atau tak sampai seribu. Dia memilih membiarkan lahannya, dan tak lagi mengurusnya.

"Sudah sekitar 5-6 bulan terakhir, sawit saya tidak diurus. Sekarang alhamdulillah mulai lagi, karena harga berangsur naik, meski perlahan," ungkapnya.

Di tempat terpisah, Pengepul Sawit di Desa Mataram Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Mura, Mindo mengatakan, saat ini harga sawit di tingkat pabrik hanya Rp 1.720 per kilonya. Sedangkan dia mengambil ditingkat petani hanya Rp 1.350 perkilonya.

"Kalau kami ambil di petani itu Rp1.350, kalau harga di pabrik hanya Rp1.720. Tapi biasanya petani ngantar ke sini, ada juga pengepul bawa ke sini," kata Mindo.

Dia mengaku, harga saat ini dia bagaikan ketiban rejeki. Sebab, petani yang kembali semangat mengurus lahan, pada dia akan semakin banyak mendapatkan buat TBS.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved