Berita Sumsel Maju untuk Semua

Pelatihan Dasar CPNS Jadi Sarana Pemprov Sumsel Bentuk Karakter Pegawai Berintegirtas

Sekda Sumsel SA Supriono buka pelatihan dasar CPNS Sumsel, ia harap melalui pelatihan ini dapat membentuk karakter pegawai yang berintegritas tinggi.

Editor: Sri Hidayatun
HUMAS PEMPROV SUMSEL
Sekretaris Daerah Sumsel SA Supriono membuka secara resmi pelatihan kepemimpinan pengawas angkatan V, pelatihan dasar CPNS golongan III angkatan XVIII dan pelatihan dasar CPNS golongan II dan III angkatan VIII dan X Provinsi Sumsel, di Ballrom The Zuri Hotel Palembang, Senin (29/8/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG - Sekretaris Daerah Sumsel SA Supriono membuka secara resmi pelatihan kepemimpinan pengawas angkatan V, pelatihan dasar CPNS golongan III angkatan XVIII dan pelatihan dasar CPNS golongan II dan III angkatan VIII dan X Provinsi Sumsel, di Ballrom The Zuri Hotel Palembang, Senin (29/8/2022).

Pada kesempatan itu, Supriono mengatakan pelatihan tersebut salah satu sarana bagi CPNS untuk memasuki gerbang sebagai ASN.

Dimana pelatihan tersebut sebagai rangka untuk mengenalkan kepada CPNS terkait tugas pokok dan tanggung jawab sebagai ASN.

"Dunia ASN ini berbeda dari dunia sebelumnya. Melalui pelatihan ini, CPNS dibentuk menjadi ASN yang dapat melayani masyarakat dengan baik," kata Supriono.

Menurutnya, para CPNS tersebut saat ini telah mengalami fase baru kehidupan.

Baca juga: Hadiri Peringatan Harvetnas, Sekda Supriono Bentuk Perghormatan Pada Pejuang Bangsa

Secara tak langsung, CPNS tersebut harus dapat melepaskan diri dari lingkungan yang egosentris dan individualis.

"CPNS ini harus keluar dari lingkungan egosentris ke lingkungan pelayanan. Artinya, CPNS ini harus bisa memberikan pelayanan baik ketika sedang bertugas maupun saat berada di lingkungan masyarakat. Jiwa sosial juga harus ditingkatkan," terangnya.

Apalagi, dalam menjaring CPNS tersebut negara sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Oleh kerena diharapkan, CPNS yang terpilih tersebut dapat mengemban tugas negara dengan baik.

"Negara sudah mengeluarkan biaya yang banyak mulai dari rekrutmen hingga terjaringnya CPNS ini. Negara sudah mengatur kita dalam gerak dan langkah. Kita samakan visi dan visi untuk membangun negara ini," tuturnya.

Dia berujar, pelatihan tersebut juga sebagai sarana untuk mengembangkan pola fikir bagi CPNS.

"Pola pikir harus dikembangkan. Tugas kami menata generasi mendatang melalui pelatihan ini. Kecerdasan CPNS ini akan berguna jika terus diasah dengan baik," sebutnya.

Diketahui, sedikitnya ada 37 peserta yang mengikuti pelatihan kepemimpinan pengawas dan 160 peserta yang mengikuti pelatihan dasar tersebut.

"Pelatihan ini akan dilakukan selama 3 bulan. Kita harapkan dengan pelatihan ini, kita mendapatkan calon pemimpin birokrasi dan CPNS yang dapat melaksanakan tugas dengan baik dan CPNS," kata Kepala BPSDM Sumsel Tarbiyah Yahya.

Hadir dalam kesempatan itu, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi ASN Lembaga Administrasi Negara Dr Agus Sudrajat, Kepala BKSDM se Sumsel, serta sejumlah pejabat struktural dan fungsional BPSDM Sumsel.

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved