Harga Sawit Palembang

Harga Sawit Palembang: Harga TBS Sawit di OKI Sumsel Rp 1.200 per Kg di Pengepul, Untung Rp 200

Harga sawit Palembang, harga TBS sawit di OKI Sumsel mengalami kenaikan menjadi Rp 1.200 per kg tingkat pengepul.

Penulis: Winando Davinchi | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/WINANDO DAVINCHI
Harga sawit Palembang, harga TBS sawit di OKI Sumsel mengalami kenaikan menjadi Rp 1.200 per kg tingkat pengepul, Sabtu (27/8/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG - Harga sawit Palembang, harga TBS sawit di OKI Sumsel mengalami kenaikan menjadi Rp 1.200 per kg tingkat pengepul. 

Kenaikan Harga tandan buah segar (TBS) sawit di OKI Sumsel ini jika dibandingkan harga sawit pada Juli 2022, meskipun memang harganya belum setinggi harga sawit Palembang.

Diketahui harga sawit Palembang, harga TBS sawit di Sumsel periode 2 bulan Agustus 2022 berdasarkan rapat Pemerintah Provinsi Sumsel adalah Rp 2.189,82 per kilogram untuk usia tanaman 10-20 tahun.

Namun, harga TBS sawit di OKI saat ini masih di angka Rp 1.200 per kilogram untuk harga beli pengepul ke petani atau masih jauh dari harga sawit Palembang.

Seperti halnya pengepul di Desa Sukaraja, Kecamatan Pedamaran yang menyebutkan sejak seminggu terakhir harga beli Rp 1.200 per kilogram.

Mereka pengepul mengambil untug Rp 200 per kilogramnya untuk dijual kembali ke pabrik.

Baca juga: Harga Karet Palembang: Update Harga Karet di Empat Lawang Sumsel Rp 9.500 per Kg Tingkat Pengepul

"Kalau kami membeli dari petani sekitar dengan harga Rp 1.200 dan menjual kembali ke pabrik sekitar Rp 1.400 perkilogram," tutur Yansen saat ditemui di kediamannya, Sabtu (27/8/2022) siang.

Menurutnya harga tersebut lebih jauh meningkat dibanding bulan Juli lalu yang hanya Rp 700 perkilogram nya.

"Alhamdulillah dengan naiknya harga, para petani di sini lebih semangat memanen buah sawit dan perhari saya bisa mengirim sekitar satu mobil pickup atau 3 - 4 ton," bebernya.

Disampaikan kembali bahwa harga sekarang sangat berbeda jauh dibanding saat sebelum idul Fitri, dirinya pernah membeli dengan harga Rp 3.000 dan menjualnya Rp 3.500.

"Meskipun harga murah, namun warga sekitar tetap menjual ke sini karena untuk memenuhi kebutuhan hidupnya," tukasnya.

Petani Swadaya Harus Berkelompok

Harga sawit Palembang, harga tandan buah segar (TBS) sawit di Sumsel pada bulan Agustus 2022 periode 2 menunjukkan perkembangan yang baik. Di bulan Agustus ini sudah dua kali update harga terbaru selalu naik.

Terjadi kenaikan harga sawit Palembang, harga TBS sawit di Sumsel naik sebesar Rp 323,70 untuk umur 10-20 tahun.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved