Berita Rotary Club Palembang

Rotary Club Palembang Bantu Cegah Stunting di Seluruh Kelurahan Palembang

Rotary club Palembang melakukan aksi nyata berupa program bantu tuntaskan stunting di beberapa kelurahan kota Palembang.

Rotary Club Palembang
Rotary club Palembang juga hadir dalam acara peringatan hari anak nasional di Griya Agung sekaligus sosialisasikan 'ayo cegah stunting kita' kemarin, Sabtu (20/8/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Rotary club Palembang melakukan aksi nyata berupa program bantu tuntaskan stunting di beberapa kelurahan kota Palembang.

Rotary club Palembang telah melakukan di kelurahan 7 Ulu Palembang dan pada bulan September 2022 akan dilaksanakan di kelurahan Kuto Batu.

Tak hanya itu rotary club Palembang juga hadir dalam acara peringatan hari anak nasional di Griya Agung sekaligus sosialisasikan 'ayo cegah stunting kita' kemarin, Sabtu (20/8/2022).

Presiden Rotary Club Palembang Andy Gunardi mengatakan, program ayo cegah stunting kita merupakan program perbaikan gizi yang telah di laksanakan di kelurahan 7 Ulu dan akan di laksanakan di Kuto Batu. 

"Di tahun 2020-2021 di 7 Ulu ada 9 ibu hamil dan 16 anak-anak yang berpotensi stunting. Di kuto batu mau berjalan di bulan September 2022 nanti," katanya saat di konfirmasi, Minggu (21/8/2022).

Program itu sendiri punya 3 pilar yaitu, pertama edukasi baik yang merupakan mengedukasi keluarga, calon keluarga bahwa gizi yang cukup saat kehamilan itu penting agar anak yang dilahirkan tidak terkena stunting.

Kedua gizi yang baik untuk ibu hamil dan anak-anak terutama di 1.000 hari pertama kelahiran penting sekali gizi mereka di jaga, kelengkapan makro dan mikro nutrisi yang penting untuk pertumbuhan anak.

"Kita di program intervensi gizi kita beri tambahan makanan setiap hari selama satu tahun untuk adik-adik dibawah usia dua tahun. Tambahan makanan nya itu satu kali makan siang, kebutuhan gizi tiap anak dan ibu hamil disesuaikan kebutuhan  oleh Ahli Gizi RS Charitas," ucap Andy.

Ketiganya yaitu ekonomi baik, dimana ia mau membantu warga sekitar itu bisa mandiri dari sisi penyediaan pangan, dan berencana mengadakan pelatihan hidroponik dan aquaponik.

"Penyediaan sayur dan protein ikan, agar ekonomi nya bisa berjalan. Dalam pelatihan tersebut nanti di posyandu-posyandu sekitar akan merawat nya," ujarnya.

Untuk pendistribusian tambahan makanan hariannya, Rotary Club Palembang bekerja sama dengan Forum Kader Posyandu Indonesia (FKPI).

Baca juga: Peduli Nakes di Palembang Rotary Club Palembang Bagikan 250 Paket Cinta untuk Nakes

Presiden Rotary Club Palembang mengharapkan, bulan September ini akan berjalan di Kuto Batu dan menggalang donasi untuk 10 anak berpotensi stunting.

"Kita rencananya masih lanjut terus setiap tahunnya. Target kita seluruh keluruhan di Palembang dan kami lebih prioritaskan angka stunting dimana yang paling tinggi," harap Andy.

Andy menambahkan kembali bagi masyarakat yang ikut berdonasi bisa mengunjungi kontak instagram @rotaryclubofpalembang.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved