Berita Sumsel Maju untuk Semua

Herman Deru Masifkan Edukasi Soal KUR untuk Petani

Hadiri bimbingan teknis bagi petani di Sumsel, Herman Deru meminta agar masyarakat atau penyuluh pertanian dapat berperan aktif dan edukasi KUR petani

Editor: Sri Hidayatun
HUMAS PEMPROV SUMSEL
Gubernur Sumsel, Herman Deru ketika membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) fasilitas pembiayaan pertanian, kebijakan pembangunan pertanian untuk wanita tani dan materi teknis inovasi olahan hasil pertanian di Ballroom Hotel The Zuri Palembang, Rabu (3/8/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM,PALEMBANG - Gubernur Sumsel H Herman Deru menekan agar semua pihak termasuk masyarakat yang berkecimpung di bidang pertanian maupun para penyuluh pertanian berperan aktif dalam memberikan bimbingan kepada petani.

Hal tersebut disampaikan Herman Deru ketika membuka secara resmi bimbingan teknis (Bimtek) fasilitas pembiayaan pertanian, kebijakan pembangunan pertanian untuk wanita tani dan materi teknis inovasi olahan hasil pertanian di Ballroom Hotel The Zuri Palembang, Rabu (3/8/2022).

Bahkan, Herman Deru mengatakan, bimbingan yang diberikan tersebut tak terkecuali soal soal pembiayaan pertanian sehingga pembangunan di sektor tersebut dapat berkembang lebih pesat.

"Terkait pembiyaan, saya meminta agar program Kredit Usaha Rakyat (KUR) terus disosisasikan secara masif sehingga para petani memiliki pemahaman soal penggunaan KUR tersebut untuk pertanian dan KUR tersebut dapat terserap," kata Herman Deru.

Menurutnya, pemerintah telah menetapkan skema dalam hal KIR tersebut. Dimana KUR tersebut dibagi dalam beberapa kluster. Salah satunya termasuk KUR untuk sektor pertanian.

"Sayang jika KUR ini tidak dimanfaatkan para petani. Karena selain bunganya sangat rendah, kuotanya juga banyak. Tentu melalui KUR ini, pembangunan di bidang pertanian dapat meningkat drastis," terangnya.

Baca juga: Hadiri Anniversary ke-20 SMOC, Herman Deru Sosialisasi Pembebasan BBNKB Ke-II

Dia menyebut, masih minimnya para petani memanfaatkan KUR disebabkan beberapa faktor seperti, petani memilih menggunakan modal simpanan untuk pengembangan lahan pertanian, maupun para petani belum begitu mengerti pemanfaatan perbankan untuk sektor pertanian.

"Informasi soal KUR ini harus masif dilakukan. Beri bimbingan untuk para petani, sehingga petani menjadi bankable," paparnya.

Pembangunan sektor pertanian memang sangat penting dilakukan mengingat pertanian merupakan pendorong ketahanan negara.

"Pertanian ini adalah sektor yang mampu bertahan di tengah persoalan yang melanda. Seperti saat pandemi covid 19, ketika sektor lain mengalami kontraksi, namu pertanian ini masih tetap tumbuh stabil," bebernya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved