Berita Sumsel Maju untuk Semua

Cegah Anak Stunting, Herman Deru Minta Efektifkan Fungsi Posyandu dan Puskesdes

Hadiri lomba balita Indonesia di Muara Enim, HD bilang PR stunting masih terus ditekan. Dan ia minta efektifkan Fungsi Posyandu dan Puskesdes

Editor: Sri Hidayatun
HUMAS PEMPROV SUMSEL
Gubernur Sumsel H. Herman Deru menghadiri Lomba Balita Indonesia (LBI) Tingkat Tahun 2022 Kabupaten, di Balai Agung, Kabupaten Muara Enim, Kamis (14/7/2022) siang. Ia minta agar fungsi Posyandu dan Puskesdes diefektifkan. 

TRIBUNSUMSEL.COM,MUARAENIM- Gubernur Sumsel H. Herman Deru secara tegas mengapresiasi langkah Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Muara Enim yang menggelar Lomba Balita Indonesia (LBI) Tingkat Tahun 2022 Kabupaten, di Balai Agung, Kabupaten Muara Enim, Kamis (14/7/2022) siang.

Pasalnya, lomba seperti ini dinilainya sangat efektif menekan angka stunting di Sumsel.

"Perlombaan ini jangan dilihat hasil akhir tapi prosesnya. Karena dari perlombaan ini secara tidak langsung menjadi sebuah ajakan atau kampanye bagi kesehatan balita," jelasnya.

Saat ini lanjut Herman Deru negara punya musuh besar yakni stunting yang penanganannya harus ditangani dari hulu sesuai pidato arahan Presiden.

"Stunting tidak bisa ditangani hanya dari hilir karena penyebab utamanya adalah gizi ibu. Makanya Saya apresiasi sekali langkah TP PKK Muara Enim mengadakan lomba ini. Dan Saya juga minta TP PKK ini perhatikan remaja putri yang hendak menuju pernikahan diberi pembinaan agar bisa melahirkan putra-putri terbaik sebagai estafet penerus bangsa," jelasnya.

Baca juga: Turunkan Angka Stunting, TP PKK Kabupaten Ogan Ilir Bagikan 9 Ribu Telur

Pembinaan kepada para calon ibu perlu dilakukan agar jangan sampai asupan gizi mereka kurang seimbang yang bisa berdampak pada tumbuh kembang janin.

Termasuk memperhatikan tren diet yang banyak dilakukan remaja putri saat ini.

Selain menggencarkan lomba balita, penanganan stunting dapat dilakukan dengan mengefektifkan fungsi Posyandu, Puskesmas Pembantu atau juga Puskesdes.

"Tahun 2019, Pemprov sudah memberikan bantuan ke Posyandu-Posyandu. Kita minta TP PKK ikut mengecek ini," tambahnya.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga tak lupa mengapresiasi antusias para orang tua yang mengikuti perlombaan balita tersebut.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved