Berita PALI

Di Rumah Sinyal Internet Tidak Ada, Remaja Sukamaju PALI Berkumpul di Dataran Tinggi

Warga Desa Sukamaju, Kecamatan Talang Ubi, Warga harus berdiri di dataran tinggi untuk mendapatkan sinyal internet.

SRIPOKU/REIGAN
Sejumlah remaja di Desa Sukamaju Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI berkumpul mencari sinyal internet di pinggiran jalan dataran tinggi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALI- Sinyal Internet Tidak Ada di beberapa desa di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Seperti halnya di Desa Sukamaju, Kecamatan Talang Ubi, Warga harus berdiri di dataran tinggi untuk mendapatkan sinyal internet.

Sebagian besar warga yang mencari sinyal anak muda usia sekolah, karena banyak tugas dari sekolah yang dikirim secara online.

"Setiap hari kami harus mencari lokasi lebih tinggi atau tebing, supaya tugas dari sekolah secara online bisa dikerjakan. Kalau Lokasi tebing pencarian lokasinya lumayan jauh dari rumah, makanya kalau mencari signal di siang hari.harus ada teman karena takut," kata Aji, salah seorang warga setempat, Jumat (24/6/2022).

Sementara, Kepala Desa (Kades) Sukamaju, Rudini meminta pihak provider atau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PALI untuk membangun tower di desanya. 

Karena, sinyal untuk menelpon saja sulit ditemui, apalagi sinyal untuk internet.

"Kami harapkan ada dorongan pemerintah supaya ada pihak provider untuk mendirikan tower. Kalau ada yang berminat membangun tower, lahan akan kami siapkan yang penting masyarakat tidak kesulitan mencari sinyal. Sebab saat ini sinyal internet sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat," terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PALI Ali Akbar merencanakan, program internet desa di Kabupaten PALI.

Dan ada 61 titik yang akan dibangun tower sudah kami usulkan, baik usulan dari kades atau camat.

"Hanya saja, saat ini kita hanya menunggu kabar selanjutnya dari Kemenkominfo. Biasanya berapa unit yang akan dibangun diketahui saat menjelang akhir tahun nanti," terangnya.

Baca juga: Gratis Sekolah Sampai Lulus di SMK MIGAS PALI, Berikut Syarat dan Cara Pendaftarannya

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan, dari 61 usulan tersebut tidak mungkin semuanya bisa terealisasi, namjn diharapkan minimal bisa mendapat bantuan sebanyak 15 titik.

"Kaki berharap, minimal dapat dibangun 15 titik. Tapi, untuk program internet desa kita akan rencanakan supaya bisa dilaksanakan di tahun anggaran berikutnya," jelasnya (SP/REIGAN)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved