Berita Kabupaten OKU Timur

Pertama di OKU Timur, Bupati Enos Hadiri Peresmian Rumah Restorative Justice

Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah S.T (Enos) menghadiri peresmian rumah restorative justice (RJ) Kejaksaan Negeri OKU Timur

Penulis: Edo Pramadi | Editor: Sri Hidayatun
Edo Pramadi/tribunsumsel.com
Bupati Lanosin Hamzah ST bersama Kajari OKU Timur Dr Akmal Kodrat SH M Hum dalam peresmian Rumah Restorative Justice di Kecamatan Buay Madang Timur, Jumat (17/6/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM,MARTAPURA - Bupati OKU Timur H. Lanosin Hamzah S.T (Enos) menghadiri peresmian rumah restorative justice (RJ) Kejaksaan Negeri OKU Timur bertempat di Kantor Camat Buay Madang Timur, Kamis (16/6/2022).

Acara peresmian rumah restorative justice (RJ)  dipusatkan di Kabupaten Banyuasin dan diikuti secara virtual oleh 5 Kabupaten/Kota lainnya.

Hadir dalam kesempatan peresmian rumah restorative justice (RJ) tersebut yakni  Kajari OKU Timur Dr. Akmal Kodrat, S.H. M.Hum, Kapolres OKU Timur AKBP Nuryono, S.H. S.I.K. M.M., dan Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T di dampingi oleh Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah OKU Timur, Camat dan Kades.

Di Sumatera Selatan ada 6 wilayah restorative justice yang dilaunching yaitu di Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Pali, Kota Pagaralam, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Banyuasin, dan Kabupaten OKU Timur.

Baca juga: Kemekumham Sumsel Gelar Rakor Dilkumjakpol Bahas Restorative Justice

Dalam sambutannya, Plt Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Muhammad Naim, S.H. M.H mengatakan rumah restorative justice merupakan wadah atau lembaga untuk penyelesaian suatu perkara pidana ringan di luar pengadilan.

"Melalui musyawarah dan mufakat yang disepakati korban, pelaku, dan didukung oleh tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat berdasarkan asas perdamaian," ungkapnya.

Di OKU Timur sendiri peresmian Program RJ ditandai dengan pembukaan tirai di 6 Rumah Restorative Justice, khususnya di OKU Timur dibuka oleh Kepala Kejaksaan Negeri OKU Timur Dr. Akmal Kodrat, S.H. M.Hum bersama Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. dan Kapolres OKU Timur.

Bupati OKU Enos menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kejaksaan Negeri OKU Timur atas diresmikan rumah restorative justice di Buay Madang Timur.

"Ini suatu inovasi yang luar biasa, walaupun langit runtuh, keadilan harus tetap berdiri," ucapnya.

Semua pihak harus terlibat mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, dan aparat penegak hukum.

"Kita harus bersyukur atas diresmikannya Rumah Restorative Justice ini, saya berharap ini merupakan tempat musyarawah keadilan bagi seluruh kecamatan di OKU Timur. Ke depannya kita upayakan satu per satu kecamatan akan diresmikan Rumah Retorative Justice nya," ujar Enos.

Kepala Kejaksaan Negeri OKU Timur Dr. Akmal Kodrat, S.H. M.Hum menyampaikan di rumah restorative justice ini perkara-perkara dengan ancaman di bawah 5 tahun bisa diupayakan mediasi berakhir perdamaian.

"Pendirian rumah RJ ini merupakan tempat untuk pengendalian suatu permasalahan pidana pada masyarakat dengan perdamaian. Intinya, menyelesaikan masalah pidana yang sesuai kriteria secara musyawarah mufakat. Selain mediasi di sini kita juga ada juga edukasi agar bisa menjadi media pembelajaran bagi masyarakat tentang hukum," tutupnya.

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved