Berita Palembang

Rute New Oplet, Angkutan Umum Feeder LRT Resmi Operasi Awal Juli, Berikut Ini Fasilitanya

Rute New oplet. Palembang menjadi kota pertama di tanah air yang akan menjadi percontohan gerakan penggunaan transportasi umum

Penulis: Hartati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI
Rute new oplet. Angkutan umum feeder LRT Resmi Operasi Awal Juli, berikut ini fasilitasnya. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Rute New oplet. Palembang menjadi kota pertama di tanah air yang akan menjadi percontohan gerakan penggunaan transportasi umum dengan ditandai serah terima kunci feeder LRT Musi Emas yang diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi secara simbolis pada Walikota Palembang Harnojoyo di Griya Agung, Sabtu (11/6/2022).

Budi Karya mengaku bangga membuat Palembang sebagai kota percontohan mengatasi kemacetan di kota metropolitan.

Budi mengatakan upaya melayani masyarakat yang dilakukan pemerintah yakni dengan menyediakan sarana transportasi umum yang aman dan nyaman.

Kementerian Perhubungan meluncurkan layanan angkutan feeder berupa angkutan kota (angkot), sebagai angkutan pengumpan Light Rapid Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT) Sumsel di Palembang. Kehadiran angkot yang diberi nama new Oplet Musi Emas ini membuat layanan angkutan umum di Kota Palembang semakin lengkap dan terintegrasi.

Budi mengatakan bangga Palembang menjadi kota pertama di tanah air yang memiliki angkutan umum Light Rail Transit (LRT) pertama di tanah air.

Kemenhub juga sudah memberikan fasilitas masyarakat naik LRT dengan memberikan member cuma Rp 25 ribu sebulan bagi pelajar dan naik opelet gratis.

Kampanye gerakan kembali ke transportasi umum berhasil mendongkrak okupansi LRT dari semula 130 ribu perbulan pada April dan kini menjadi 350 ribu.

"Semoga nantinya okupansi ini naik jadi 500 ribu per bulan apalagi saat ini ada feeder LRT Musi," kata Budi Karya.

Budi mengatakan setelah naik LRT dari bandara ke stadion dan lainnya kemudian bisa mengunakan opelet gratis melanjutkan perjalanan darat yang terhubung dengan rute lainnya.

Baca juga: New Oplet Beroperasi Awal Juli, Gratis Hingga Desember 2022, Launching Angkutan Umum Feeder LRT

Feeder ini nantinya akan beroperasi pada dua rute dulu sementara dan secara bertahap juga akan melayani rute lainnya.

Tahap pertama serah terima new oplet feeder LRT sebanyak 29 unit oplet yang nantinya akan melayani dua rute Di awal operasionalnya, layanan feeder ini akan melayani dua rute, yakni: rute pertama yaitu lintas Talang Kelapa - Talang Buruk via Asrama Haji dengan panjang rute 20,4 Km. Rute kedua yaitu lintas Asrama Haji - Sematang Borang via jalan Noerdin Panji dengan panjang rute 40.2 Km. Ke depannya, layanan rute feeder akan terus ditambah.

New oplet ini dilengkapi fasilitas CCTV, AC dan juga tidak akan ngetem sehingga penumpang tidak akan lama menunggu sehingga nyaman.

Gubernur Sumsel Herman Deru menyambut baik keberadaan feeder ini dan mendukung penggunaan transportasi massal.

Deru mengatakan ASN sudah memiliki jadwal wajib menggunakan LRT untuk berangkat kerja dan jadwal ini memang memang terlaksana karena selama ini berlaku WFH karena saat ini kebijakan sudah kembali longgar maka kebijakan ini akan segera direalisasikan.

"Kita berharap Pak Menteri juga menerbitkan aturan wajib menggunakan LRT ini, jadi payo naik LRT," ujar Herman Deru.

Baca berita lainnya langsung dari google news

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved