Wawancara Eksklusif Tribun Sumsel

Wawancara Eksklusif Tribun Sumsel: Penjelasan Ahli Mikrobiologi Tentang Hepatitis Akut Misterius

dunia kembali dibuat cemas dengan munculnya Hepatitis akut. Terlebih Hepatitis akut ini masih misterius penyebabnya. Lalu seperti apa Hepatitis akut?

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/LINDA TRISNAWATI
Ahli Mikrobiologi Prof Dr dr Yuwono M Biomed menjelaskan hepatitis akut. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Belum usai pandemi Covid-19, dunia kembali dibuat cemas dengan munculnya Hepatitis akut. Terlebih Hepatitis akut ini masih misterius penyebabnya. Lalu seperti apa Hepatitis akut?

Menurut Ahli Mikrobiologi Prof Dr dr Yuwono M Biomed, Hepatitis akut itu radang pada hepar/liver atau pada hati, radang pada hepar ini namanya Hepatitis.

"Dikatakan akut, karena kejadian kurang dari dua minggu sejak dia kena. Dikatakan misterius karena memang belum diketahui pasti karena apa," kata Profesor Yuwono saat diwawancarai secara khusus, Kamis (5/5/2022).

Menurutnya, gejala Hepatitis akut ini pada hepar atau hati yang ada empedu, maka ketika terjadi radang akan terjadi gangguan pada empedu dan zat warna dari empedu masuk ke darah dan timbulah warna kuning. Yang paling muda dilihat di muka, seperti di bawa mata, kuku dan lain-lain. Makanya sering juga disebut sakit kuning

Berikut wawancara khusus dengan Profesor Yuwono


* Bisa dijelaskan apa itu Hepatitis akut misterius

Hepatitis akut itu radang pada hepar/liver atau pada hati, radang pada hepar ini namanya Hepatitis. Lalu dikatakan akut, karena kejadian kurang dari dua Minggu sejak dia kena. Kalau muncul gejala dan radangnya baru berbulan-bulan atau bahkan setahun dua tahun itu namanya kronis. Dikatakan misterius karena memang belum diketahui pasti karena apa, apakah ini infeksi, dan apakah ini Hepatitis akut atau kronis.

* Gejala Hepatitis akut ini apa

Utamanya di hepar atau hati ada empedu, maka ketika terjadi radang akan terjadi gangguan pada empedu dan zat warna dari empedu masuk ke darah dan timbulah warna kuning. Yang paling muda dilihat di muka, seperti di bawa mata, kuku dan lain-lain. Makanya sering juga disebut sakit kuning

* Kalau gejala lainnya apa saja

Karena ini berhubungan dengan saluran cerna maka ada gangguan di saluran cerna seperti diare, sembelit, kalau BAB warnanya pucat. Kemudian bisa juga mual, muntah, demam dan lemas.

* Kalau terjadi gejala-gejala tersebut apa yang harus dilakukan

Yang pertama gejala Hepatitis ini agak sedikit netral dengan makan makanan manis seperti gula. Makan ubi selo juga bagus. Kemudian bisa mengkonsumsi curcuma atau kunyit.

Lalu masyarakat kita kan sudah cerdas, seperti saat pandemi. Maka kalau ada gejala cukup diobati sesuai gejalanya saja, misal kalau demam ya minum obat untuk demam saja. Kemudian nanti baru kedokter untuk obat lebih lanjutnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved