Ramadhan 2022

Bacaan Surat Ar Rahman Lengkap 78 Ayat Untuk Tadarus Al Quran, Beserta 4 Keutamaannya

Tadarus merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan terutama pada saat bulan Ramadhan. Surat yang dapat dijadikan bacaan tadarusan yakni Ar Rahman.

Tribun Sumsel
Surat Ar Rahman Ayat 1-78 lengkap dengan tulisan latin dan terjemahan serta keutamaan bagi yang membacanya 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG- Ar Rahman memiliki arti Maha Pemurah yang merupakan surat ke-55 dalam Al Quran.

Surah ini masuk dalam golongan surat Makkiyah yang terdiri dari 78 ayat.

Ar Rahman menjelaskan tentang nikmat dan kasih sayang Allah SWT yang tak terhingga.

Terdapat sejumlah keutamaan yang akan didapat jika membaca surat ini, berikut beberapa diantaranya:

  • Mengingatkan bahwa ada makhluk lain selain manusia yang beribadah pada Allah

Yaitu Jin yang juga memiliki nabi Muhammad sebagai Rasul. Bahwa ciptaan Allah tidak hanya terbatas pada sesuatu yang tampak. Kerajaan Jin dan alam-alam yang tidak tampak pun Allah lah yang menciptakan.

Jabir berkata: Nabi Muhammad keluar menemui para sahabatnya, lalu beliau membacakan kepada mereka surah Ar Rahman dari awal hingga akhir surah, dan mereka semua terdiam. Beliau berkata: “aku telah membacakannya kepada Jin pada malam berkumpulnya mereka, dan mereka meresponnya dengan jawaban yang lebih baik dibandingkan kalian semua. Saat aku sampai pada ayat fabi ayyi aalaa’i Rabbikuma Tukadziban(maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?)mereka berkata kami tidak mendustakan apapun dari kenikmatan yang Engkau berikan, bagi Mu segala Puji.” (H.R. Tirmidzi)

  • Mengingatkan bahwa manusia memiliki sifat pelupa

Pengulangan ayat “fabiayyi aalaa’i Robbikuma tukadziban” adalah untuk mengingatkan bahwa manusia adalah pelupa. Ayat tersebut adalah kalimat tanya yang menuntut jawaban manusia yang mengingat ketika membaca ayat itu.

  • Matinya orang yang membaca Ar Rahman seperti Syahid

Dalam Tsawabul A’mal, dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda: “barang siapa membaca Ar Rahman, dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satupun nikmatMu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (diriwayatkan oleh Imam Ja’far)

Hadits diatas sangat jelas sekali bahwa Ar Rahman membuat pembacanya mati seolah syahid. Hasits tersebut juga mengingatkan kita untuk membaca Ar Rahman dalam dua waktu, yaitu siang dan malam.

  • Mendapat Syafaat di hari kiamat

Rasulullah bersabda: “jangan tinggalkan membaca surat Ar Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan hati orang-orang munafik, kamu akan menjumpai Tuhan bersamanya(Ar Rahman) pada hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia yang paling indah dan baunya paling harum, pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang berdiri dihadapan Allah yang paling dekat denganNya selainnya. Pada saat itu Allah berfirman: soapakah orang di dunia yang sering bangun malam dan tekun membacamu? Dia menjawab: Ya Robbi, Fulan bin Fulan, lalu wajah mereka menjdi putih. Dan ia berkata kepada mereka: berilah syafaat bagi orang-orang yang mencintai kalian. Kemudian ia memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalau ia berkata kepada mereka: masuklah kalian ke surga, dan tinggallah didalamnya sebagaimana yang kalian inginkan.”

Baca juga: Bacaan Doa Wirid Setelah Sholat Tarawih dan Witir Lengkap dengan Susunannya

Baca juga: Bacaan Bilal Sholat Tarawih Sendiri 23 Rakaat dan 11 Rakaat dan Doa Kamilin Latin dan Artinya

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved