Jelang Pilpres 2024

Khofifah Indar Parawansa Disebut Mulai Dibidik di Pilpres 2024 Usai Disambangi Sejumlah Elite Parpol

Gubernur Jawa, Timur Khofifah Indar Parawansa, kini menjadi sorotan menyusul sejumlah elite politik melakukan safari politik ke Jawa Timur.

Editor: Slamet Teguh
(Bagus Supriadi/Dokumentasi Pemkab Jember )
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mendatangi salah satu sma di Kabupaten Jember 

TRIBUNSUMSEL.COM - Ajang pemilihan presiden (Pilpres) baru akan digelar pada tahun 2024 mendatang.

Namun, sejumlah nama disebut sudah bakal maju pada ajang tersebut.

Salah satunya ialah Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur Jawa, Timur Khofifah Indar Parawansa, kini menjadi sorotan menyusul sejumlah elite politik melakukan safari politik ke Jawa Timur.

Mulai dari Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua DPR, Puan Maharani.

Menanggapi itu, Pakar komunikasi politik, Hendri Budi Satrio mengatakan, safari politik itu wajar saja dilakukan oleh para elit politik untuk melakukan penjajakan nyapres di 2024 .

Apalagi, Khofifah adalah salah satu kepala daerah peremuan yang masuk diperhitungkan di  2024. Selain elektabilitas yang bagus, Khofifah juga Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) dan masuk dalam  500 tokoh muslim berpengaruh di dunia.

“Wajar kalau elit politik melakukan penjajakan politik dengan Khofifah. Mungkin untuk Pemilu 2024 ?” ujar Hendri menyikapi sejumlah elit politik bersafari menemui Khofifah di Jawa Timur, Minggu (6/3/2022) malam.   

Selain itu, Hendri mengatakan, elektabilitas Khofifah di sejumlah lembaga survei sangat bagus.

Baca juga: Ternyata Tak Hanya Prabowo, Ada Tiga Kader Partai Gerindra yang Berpeluang Maju di Pilpres 2024

Baca juga: Melihat Head to Head dan Perbandingan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Jelang Pilpres 2024

Berdasarkan hasil survei KedaiKOPI, elektablitas Khofifah meraih angka 7,3 persen.  

Khofifah juga berhasil membangun Jawa Timur. Sebagai tokoh perempuan muslimat NU, Khofifah juga memiliki massa besar di NU dan dukungan dari banyak kalangan.

“Kiprah Khofifah di pemerintahan dan legislative tidak diragukan. Jadi tidak bisa dipungkiri kalau Khofifah menjadi magnet elektoral baru bagi para elit partai dalam menghadapi 2024," ucap Hendri.

Selain punya banyak kelebihan, Khofifah kata Hendri, bisa menjadi calon alternatif di Pilpres 2024

“Beliau sudah teruji baik di pemerintahan dan legislatif. Dengan begitu, Khofifah akan menjadi magnet besar di 2024,” tandasnya.

Sebelumnya, hasil Survei Nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mempunyai tingkat disukai yang tinggi untuk bersaing dengan tokoh lain dalam Pemilihan Presiden tahun 2024.

“Karena untuk dipilih seorang yang dikenal harus disukai sehingga dipilih (eletabilitas) maka untuk sementara yang paling kompetitif untuk dikampanyekan adalah Khofiffah,” kata Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Disambangi Sejumlah Elite Parpol, Khofifah Mulai Dibidik untuk 2024? Berikut Komentar Pengamat.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved