Berita Pemprov Sumsel

Warga Muara Jaya OKU Turut Sukseskan GSMP Inisiasi Herman Deru

Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) Inisiasi Gubernur Sumsel H Herman Deru mendapatkan respon positif dari masyarakat

Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Herman Deru menyebut Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) merupakan sebuah gerakan atau upaya untuk mengajak masyarakat agar lebih produktif dan tidak konsumtif. 

TRIBUNSUMSEL.COM, BATURAJA- Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) Inisiasi Gubernur Sumsel H Herman Deru mendapatkan respon positif dari masyarakat, salah satunya Parnatin, warga Kecamatan Muara Jaya Kabupaten OKU.

Saat dibincangi disela-sela kunjungan Gubernur Herman Deru dikawasan itu belum lama ini, ibu rumah tangga ini menyebut memanfaatkan pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan dapur sangat tepat dilakoni oleh kalangan ibu rumah tangga.

"Pekarangan rumah saya manfaatkan untuk menanam sayuran dan beternak ayam. Nah untuk ibu-ibu pekarangan rumah dapat dimanfaatan untuk bercocok tanam," ujarnya.

Dengan begitu lanjutnya dari hasil yang di tanam ataupun yang diternak dapat dijual dipasar dan juga bisa dikonsumsi sendiri.

"Kalau sayurannya sudah panen kito jual sisonyo biso di makan, telur samo ayam juga hasilnya kito jual," ujarnya.

Untuk diketahui Gubernur Herman Deru menyebut Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) merupakan sebuah gerakan atau upaya untuk mengajak masyarakat agar lebih produktif dan tidak konsumtif.

Disamping itu sebagai langkah menuju pemulihan ekonomi dengan merubah pola pikir masyarakat dari konsumen jadi produsen.

"Bentuk Gerakan SMP antara lain dengan menanam berbagai kebutuhan dasar secara mandiri di pekarangan rumah masing-masing. Penghasilan masyarakat akan meningkat, pengeluaran semakin rendah dan akhirnya masyarakat semakin sejahtera," terangnya.

Pengamat Ekonomi Sumsel Yan Sulistyo menyebut GSMP diyakini akan membawa dampak yang cukup besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Tentu hal itu akan membawa dampak ekonomi jangka panjang bagi masyarakat khususnya di Sumsel. Karena, untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari, masyarakat tidak bergantung pada pasar melainkan bisa mengambilnya dari hasil sayuran, buahan atau yang lainnya yang ditanam sendiri, " katanya.

Dengan begitu, lanjutnya, pengeluaran masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari dapat ditekan.

"Dengan begitu pengeluaran rumah tangga dapat efisien sehingga pengeluaran yang tadinya untuk biaya makan tersebut bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya. Hanya saja, masyarakat memang harus konsisten melakukan GSMP tersebut," tuturnya.

Dia mengatakan, GSMP memang merupakan gerakan yang mengajak masyarakat memanfaatkan lahan sekitar rumah.

"Carannya dengan menanam sayuran, buah-buahan maupun ternak budidaya ikan atau sejenisnya yang hasilnya dapat digunakan untuk konsumsi sendiri. (RIL)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved