Breaking News:

Bayi Kembar Siam di RSMH

Bayi Kepala Dua di RSMH, Dokter Ungkap Kondisi Ini Terjadi di Kandungan Sebelum Bayi Lahir

Bayi kembar siam memiliki kepala dua dan dengan satu badan lahir di RSUP Mohammad Hoesin Palembang, Sumsel.

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Vanda Rosetiati
DOK RSMH PALEMBANG
Proses operasi caesar untuk melahirkan bayi kembar siam di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Jumat (14/1/2022). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Bayi kembar siam memiliki kepala dua dan dengan satu badan lahir di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin Palembang, Sumsel.

Menurut dokter kandungan Syamsuddin Isaac Suryamanggala, SpOG itu artinya dia kembar siam dan tidak terpisah.

"Kalau bayi potensi kembar harusnya terpisah. Memang ada timingnya misal beberapa hari terlambat plasenta jadi satu, lalu kalau terlambat lagi air ketuban jadi satu dan bisa dempet," kata Dokter Syamsuddin, Jumat (14/1/2022).

Menurutnya, memang kalau bayi kepalanya dua dan badannya satu artinya ada terjadi gangguan saat pembelahan sel. Harusnya dua janin, dua ari-ari, dua ketuban atau kantong.

Misal satu sampai tiga hari kalau belum terpisah kantongnya bisa jadi satu, lalu 4-7 hari ari-ari bisa jadi satu dan kalau suda lebih 14 hari belum terpisah juga ya jadinya dempet.

"Itu biasanya lebih ke genetik. Itu baru bisa kelihatan kalau janinnya sudah besar, misalnya usia kandungannya sudah tujuh bulan dan kelihatan semuanya. Dempet dimana, kerangkanya bagimana, kalau diawal-awal nggak kelihatan," jelasnnya.

Lalu pada saat ketahuan kan artinya sudah berkisar usia kandungan 22 Minggu, artinya tetap harus dipertahankan apapun risikonya. Jadi harus tetap dilahirkan.

"Kalau terkait janin kembar atau kehamilan kembar itu yang terpenting diagnosa awalnya. Begitu tahu hamil akan ketahuan ada kemungkinan kembar atau tidaknya," kata Direktur RSUD Siti Fatimah.

Maka setelah tahu hasil diagnosa ada kemungkinan kembar maka harus periksa rutin perkembangannya. Apakah perkembangannya bagus, terpisah atau ada kemungkinan dempet.

"Pesannya untuk ibu hamil, konsumsi asam folat itu penting dan hindari makanan yang tidak matang," katanya.

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved