Breaking News:

Cici-ciri Covid-19 Omicron dan Cara Mencegah Penularan, Kasus Omicron di Indonesia Bertambah

Cici-ciri Covid-19 Omicron dan Cara Mencegah Penularan, Kasus Omicron di Indonesia Bertambah

Penulis: Abu Hurairah | Editor: Abu Hurairah
Freepik
Cici-ciri Covid-19 Omicron dan Cara Mencegah Penularan, Kasus Omicron di Indonesia Bertambah 

TRIBUNSUMSEL.COM - Kasus Covid-19 Omicron di Indoensia terus bertambah. Omicron merupakan varian terbaru virus corona yang menyebabkan Covid-19 yang mendapatkan perhatian dunia termasuk di Indonesia.

Dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id, Kementerian Kesehatan mencatat penambahan total kasus konfirmasi Omicron hingga Sabtu (8/1) sebanyak 414 orang.

Ada penambahan kasus sebanyak 75 orang pada Sabtu 8 januari 2022.

Dari 414 orang, sebanyak 50 orang dengan kasus transmisi lokal. Sisanya merupakan pelaku perjalanan luar negeri. Selain itu, kebanyakan dari yang terinfeksi Omicron adalah mereka yang sudah divaksinasi lengkap.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan karena hal tersebut pemerintah meminta masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan luar negeri jika tidak terlalu penting.

“Sebagian besar kasus Omicron berasal dari pelaku perjalanan luar negeri. Karena itu masyarakat diharapkan menunda dahulu jika ingin pergi ke luar negeri,” katanya, Minggu (9/1).

Kasus penularan Omicron paling banyak berasal dari Turki dan Arab Saudi. Meski seseorang telah divaksinasi COVID-19 dua dosis, virus tersebut tetap bisa menginfeksi.

Omicron memiliki tingkat penularan yang jauh lebih cepat dibandingkan varian Delta. Di Indonesia, pergerakan Omicron terus meningkat sejak pertama kali dikonfirmasi pada 16 Desember 2021.

Kemenkes mendorong daerah untuk memperkuat kegiatan 3T (Testing, Tracing, Treatment), aktif melakukan pemantauan apabila ditemukan cluster-cluster baru COVID-19 dan segera melaporkan dan berkoordinasi dengan pusat apabila ditemukan kasus konfirmasi Omicron di wilayahnya.

Baca juga: Titip Kota Palembang, Wawako Fitrianti Kenang Pesan Almarhum H Husni Mantan Walikota Palembang

Ciri-ciri COvid Omicron

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved