Breaking News:

Aneka Resep

Resep Rahasia Membuat Cuka Pempek Awet Tanpa Pengawet di Suhu Ruang Ala Cek Molek

Rupanya ada cara dan trik yang harus diperhatikan agar cuko pempek awet dan tahan lama meski tidak disimpan di lemari es.

Penulis: Hartati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/HARTATI
Ketua Asosiasi Pengusaha Pempek Palembang (Asppek) Palembang Yeni memperlihatkan pempek dengan teknologi retort yang sudah dia pelopori sejak mendirikan pempek Cek Molek pada Desember 2015 lalu. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pernah kah kamu membuat cuka (cuko) Pempek dalam jumlah banyak dan berharap tahan lama sehingga bisa distok.

Tapi kadang meski sudah disimpan di lemari es tapi kadang cuko yang dibuat itu tetap saja rasanya berubah jadi lebih asam dan rusak atau basi.

Bahkan hingga berbusa dan mengeluarkan angin jika disimpan dalam plastik biasa. Akhirnya rencana menyetok cuko agar tidak repot membuat saat diperlukan sia-sia saja.

Rupanya ada cara dan trik yang harus diperhatikan agar cuko pempek awet dan tahan lama meski tidak disimpan di lemari es.

Resep inilah yang digunakan oleh pedagang pempek agar cuko yang mereka buat tahan lama walau harus dikirim ke luar kota.

Owner pempek Cek Molek Yeni membagikan tips membuat cuko awet tahan lama meski tanpa pengawet.

Yeni membuat cuko awet karena dibuat dengan cara menyangrai cabe sebagai bahkan utama cuko hingga benar-benar kering setelah digiling halus.

Tujuannya agar air yang terkandung dalam cabe menguap dan kering. Sebab air dalam cabe inilah yang membuat cuko cepat rusak atau basi.

Setelah cabe benar-benar kering setelah disangrai, cabe ini kemudian direbus dengan bahan cuko lainnya yakni gula merah, asam Jawa dan juga bawang putih. Prosesnya sama seperti membuat cuko pada umumnya.

"Kita tidak ada rahasia mengolah pempek jadi kita beritahu semua caranya mengolah pempek dan juga membuat cuko sebab semuanya sudah dibuat standar dalam gramasi sehingga siapa saja nantinya yang membuat pempek dan cuko rasanya akan tetap sama tidak akan ada bedanya," ujar Yeni.

Yeni menjamin cuko pempek Cek Molek awet dan tahan lama meski dibiarkan berada di suhu ruang dalam waktu lama bahkan hingga berbulan-bulan lamanya. Sebab gula Jawa justru adalah bahkan pengikat yang membuat cuko awet sebab gula sifatnya pengawet alami.

Oleh sebab itu pempek dan cukonya ini cocok dikirim seluruh kota di tanah air sebagai oleh-oleh karena awet.

"Semua proses pembuatan pempek dan cukonya ini semua steril dan sehat sebab sudah mengantongi izin BPOM, SNI juga lisensi halal dari MUI," tutup Yeni.

Baca juga: Pakai Teknologi Retort Pempek Lebih Awet, Tahan 1 Bulan di Suhu Ruang

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved