Breaking News:

Langkah Jitu Pemprov Sumsel Tekan Covid-19 saat Natal dan Tahun Baru 2022

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Lesty Nuraini menyebut antisipasi pemerintah dalam menghadapi Nataru adalah masyarakatnya sendiri.

Penulis: Weni Wahyuny | Editor: Slamet Teguh
Tribunsumsel.com
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Lesty Nuraini (Kiri) dan Epideminolog FKM Unsri, Rico Januar Sitorus (Kanan) 

TRIBUNSUMSEL.COM - Jelang Natal dan Tahun Baru 2022, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mempersiapkan langkah dan strategi jitu untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di Sumsel.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Lesty Nuraini menyebut antisipasi pemerintah dalam menghadapi Nataru adalah masyarakatnya sendiri.

Selain dari sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah.

"Supaya masyarakat menyadari pandemi ini tanggung jawab bersama. Yang jelas, Nataru ada kesepakatan antara Gubernur dan Forkompimda serta DPRD Sumsel," kata Lesty dalam PODCAST PCPEN yang disiarkan langsung di Graha Tibun, Selasa (14/12/2021).

"Kita siapkan posko terpadu dari tim gabungan. Namun yang terpenting adalah kurangi mobilitas. Kita tes sendiri untuk lakukan perjalanan, apalagi untuk yang tidak sehat. Kesadaran masyarakat sangat penting dalam antisipasi Covid-19," tambahnya.

Lesty juga menjelaskan saat ini pemerintah sudah menyiapkan rumah sakit untuk rujukan Covid-19 di seluruh kabupaten/kota di Sumsel.

"Termasuk Puskesmas juga disiapkan tenaganya," terangnya.

Dari awal pandemi, lanjut Lesty, Pemprov berpatokan kepada grand design yang dimiliki untuk mencegah penyebaran Covid-19, yakni 3 T, testing, tracing dan treatment.

Selain 3 T, 5 M (mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) juga menjadi sangat penting dalam pencegahan penyebaran virus ini.

"Kita juga ada Satgas Covid-19 hingga ke desa. Termasuk rumah sakit sudah kita siapkan, contohnya rumah sehat di Wisma Atlet Jakabaring. Selain itu juga rumag sakit yang tadinya hanya 5 rumah sakit rujukan, sekarang menjadi 86 rumah sakit di seluruh Sumsel," katanya

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved