Breaking News:

HUT KORPRI 2021

HUT KORPRI 2021 Tanggal Berapa? Ini Sejarah dan Tema Peringatan HUT ke-50

Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) akan merayakan ulang tahun emas pada tahun 2021. HUT Korpri diperingati setiap tanggal 29 November

Editor: Wawan Perdana
Dukcapil Kemendagri
Peringatan HUT Emas Korpri ke-50 dengan rangkaian acara upacara dan ziarah di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Rabu (24/11/2021). Puncak HUT Emas Korpri ke-50 akan diselenggarakan di Gedung Manggala Wanabhakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, pada Senin (29/11/2021) 

TRIBUNSUMSEL.COM-Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) akan merayakan ulang tahun emas pada tahun 2021. HUT Korpri diperingati setiap tanggal 29 November.

Mengutip dari dpr.go.id, tema HUT KORPRI ke-50 adalah "ASN Bersatu, KORPRI tangguh dan Indonesia tumbuh."

Korpri adalah wadah organisasi bagi pegawai republik Indonesia. Anggotanya bukan hanya pegawai negeri sipil (PNS), tetapi juga pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaan.

Sedangkan perangkat Pemerintah Desa Tidak menjadi anggota Korpri setelah memiliki Organisasi Profesi yang bernama PPDI atau Persatuan Perangkat Desa Indonesia.

KORPRI didirikan pada tanggal 29 November 1971 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971, yang merupakan wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia.

Sejak era reformasi, KORPRI adalah organisasi netral, tidak berpihak terhadap partai politik tertentu.

Sejarah Korpri

Korpri memiliki sejarah panjang dalam perjalanannya di Indonesia. Dimulai dari masa penjajahan Belanda.

Melansir laman resmi BKPPD Pasuruan, saat itu, banyak pegawai pemerintah Hindia Belanda yang berasal dari kaum bumi putera.

Kedudukan pegawai pun berada di kelas bawah karena pengadaannya didasarkan pada kebutuhan penjajah.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved