Breaking News:

Berita Palembang

Berapa UMP Sumsel Tahun 2022? Naik atau Tidak? Ini Penjelasan Kemenaker dan Disnaker

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumsel Koimudin mengatakan, UMP Sumsel tahun 2022 masih dalam pembahasan

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Wawan Perdana
Tribunsumsel.com
Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumsel Koimudin mengatakan, UMP Sumsel tahun 2022 masih dalam pembahasan 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Upah Minimum Provinsi (UMP) Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2022 diprediksi tak naik atau sama dengan UMP 2021.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Indah Anggoro Putri menyebutkan, Sumsel bersama Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat memiliki nilai upah minimum yang sudah melebihi batas atas upah minimum tahun 2022.

Rinciannya, Sumatera Selatan dengan nilai upah minimumnya Rp 3.144.446, Sulawesi Utara Rp 3.310.723, Sulawesi Selatan Rp 3.165.876, dan Sulawesi Barat Rp 2.678.863.

"Empat provinsi ini nilai upah minimumnya sudah melebihi batas atas upah minimum tahun depan," jelas Putri, Senin (15/11/2021).

Hanya saja, keputusan final soal UMP Sumsel baru akan diumumkan Gubernur Sumsel.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumsel Koimudin mengatakan, UMP Sumsel masih dalam pembahasan.

Ia belum berani mengungkap seperti apa nantinya hasil pembahasan yang sedang berjalan saat ini. Nanti hasilnya akan di sampaikan pada Gubernur Sumsel.

Sementara itu Kepala Seksi Upah Minimum Syarat Kerja dan Jaminan Sosial Disnakertrans Sumsel Susilawati menambahkan, kalau sekarang belum diputuskan gubernur, jadi belum bisa menjawabnya.

"Kita tunggu keputusan Gubernur dulu baru bisa diumumkan berapa UMP tahun 2022 yang tertera pada SK. Selambat-lambatnya 21 November nanti akan diinfokan," katanya.

Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumsel Sumarjono Saragih mengatakan, penghitungan besaran UMP tahun 2022 sudah sesuai dengan formula, PP No 36 tahun 2021 tentang pengupahan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved