Breaking News:

Tips dan Trik

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Depan dan Belakang, Jangan Salah Lagi

Kelebihan dan Kekurangan mobil dengan penggerak roda depan juga belakang, bisa menjadi referensi konsumen yang akan membeli mobil baru

Penulis: Hartati | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/HARTATI
Toyota Raize menggunakan penggerak roda depan. Kelebihan dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Depan dan Belakang 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – Mau beli mobil tapi bingung mau pilih mobil dengan penggerak roda depan atau belakang karena mendengar omongan dari mulut ke mulut pengguna mobil membuat Anda kemudian menimbang-nimbang dan bingung ingin menjatuhkan pilihan ke jenis mobil mana.

Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara menjelaskan apa beda mobil dengan penggerak roda depan juga belakang sehingga bisa menjadi referensi konsumen yang akan membeli mobil baru.

Dikatakannya, tenaga mesin disalurkan ke ban mobil melalui sistem penggerak.

Secara garis besar, sistem penggerak yang umum ada dua jenis.

Pertama adalah gerak roda depan seperti yang dipakai oleh Raize, dan kedua adalah gerak roda belakang seperti yang dipakai oleh Rush dan Avanza.

Penggerak Roda Depan

Nur Imansyah mengatakan sistem penggerak roda depan atau disingkat Front Wheel Drive (FWD)
memiliki sejumlah keunggulan yang banyak dipakai oleh kendaraan kompak atau perkotaan, di mana tenaga dari mesin akan disalurkan melalui kedua roda depan.

Sistem ini memiliki keunggulan terbesar dalam hal efisiensi lantaran posisi mesin, girboks dan as roda searah dan semuanya berada di depan.

Respons mesin tersalurkan dengan lebih optimal dan membuat konsumsi bensin lebih irit lantaran tenaga tidak banyak tereduksi mengingat komponen penggeraknya lebih sedikit.

Karena konstruksinya lebih ringkas dan kompak, maka bobot keseluruhan mesin hingga as roda dapat dipangkas supaya lebih ringan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved