Breaking News:

Berita Pagaralam

Cegah Kerusakan Situs Megalitikum, Pemkot Pagaralam Gaji Masyarakat Sekitar

Situs Megalitikum di Pagaralam dijaga warga sekitar yang ditunjuk sebagai Juru Pelihara (Jupel) dan Digaji oleh Pemkot Pagaralam

SRIPOKU/WAWAN
Situs Megalitikum Arca Batu Berelief di Desa Belumai Kota Pagaralam. Batu ini berumur sekitat 3.000 tahun sebelum masehi. 

TRIBUNSUMSELCOM, PAGARALAM - Rusaknya situs Megalitikum yang ada di Desa Rinduati Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat yang berada dijalur alternatif Pagaralam-Lahat menjadi salah satu motivasi Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam untuk memberikan penjagaan situs Megalit yang ada di Pagaralam.

Bahkan Pemkot melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Pagaralam telah menunjuk sejumlah masyarakat yang ada disekitar situs Megalitikum untuk menjadi Juru Pelihara (Jupel) dan bisa menjaga situs bersejarah tersebut.

Kepala Dinas Dikbud Kota Pagaralam Cholmin melalui Kabid Kebudayaan Jemiyo mengatakan, bahwa untuk temuan situs megalitikum di Pagaralam sudah mendapat penjagaan dari masyarakat yang ditunjuk.

"Untuk menjaga dan menghidari situs megalitikum dirusak orang tidak dikenal (OTD) Pemkot sudah menunjuk warga yang ada disekitar situs menjadi juru pelihara atau jupel," ujarnya.

Mereka yang ditunjuk sebagai Jupel akan mendapat honor dari Pemkot Pagaralam.

Hal ini agar para Jupel memiliki tanggung jawab menjaga situs tersebut.

"Kita gaji sesuai dengan anggaran kita. Jadi mereka harus bertanggung jawab karena sudah mendapatkan honor dari Pemkot," katanya.

Disebutkan Jemiyo saat ini sudah ada 21 Jupel yang sudah di SK kan oleh Pemkot Pagaralam dari 40 orang yang direncanakan.

Baca juga: Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg di Pagaralam, Ketua DPRD Minta Pemkot Ambil Langkah Tegas

"Sudah kita SK kan sebanyak 21 orang sedangkan sisanya atau sekitar 19 situs yang belum punya Jupel masih dijaga oleh para komunitas pencinta situs di Pagaralam," jelasnya (SP/WAWAN)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved