Breaking News:

Berita Lahat

Sekda Lahat Chandra Bentuk Satgas Koperasi, Jalankan Peran Konsultan Pengawasan di Lapangan

Sekda Lahat, Chandra SH MM membentuk Satgas Koperasi yang berfungsi selaku problem solver masalah pengawasan koperasi, Senin (11/10/2021).

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/EHDI AMIN
Sekda Lahat, Chandra membentuk satgas koperasi selaku problem solver masalah pengawasan koperasi, Senin (11/10/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, LAHAT - Mewujudkan koperasi yang patuh dan sesuai dengan prinsip dan jati diri koperasi, dilakukan sejumlah terobosan dalam upaya menjalankan tugas pengawasan terhadap koperasi, salah satunya membentuk Satuan Tugas (Satgas Koperasi).

Sekda Lahat, Chandra SH MM mengatakan, Satgas koperasi juga berfungsi selaku problem solver terhadap masalah pengawasan koperasi di lapangan, satgas tersebut dapat menjalankan peran sebagai konsultan dalam mendorong koperasi menerapkan prinsip jati diri perkoperasian yang sejati.

"'Jika koperasi sudah patuh dan sehat sesuai dengan prinsip dan jati diri koperasi, dapat berdaya saing dan secara otomatis dapat melindungi masyarakat sebagai anggotanya,"kata Chandra saat membuka sosialisasi Satgas pengawasan koperasi.

Dalam mendukung pelaksanaan fungsi pengawasan koperasi, lanjut Chandra pembentukan satgas pengawasan koperasi di seluruh provinsi kabupaten dan kota yang jumlahnya mencapai 1.712 orang merupakan salah satu upaya, bidang tugasnya seperti menyusun dan meriview berbagai peraturan terkait pengawasan koperasi.

"Satgas yang terbentuk bersifat AD HOC, yang diharapkan dapat mengatasi kendala tersebut maka dari itu perlunya anggota satgas dibekali pengetahuan dan keterampilan yang baik,"elasnya, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Kelangkaan Gas Elpiji 3 Kg di Pagaralam, Ketua DPRD Minta Pemkot Ambil Langkah Tegas

Upaya preventif yang dilaksanakan bersama OJK, PPATK, KPPU dan Bank dunia diharapkan kerjasama ini dapat disinergikan dengan pembentukan satgas pengawasan koperasi.

"Salah satunya dapat ditempuh melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara berkoperasi yang benar, karena implementasi satgas pengawasan sangat berpengaruh aktif pada alokasi dana DAK. Semoga ilmu yang didapat oleh peserta sosialisasi dapat diterapkan di lingkungan masing-masing,"sampainya. (sp/ean)

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved