Breaking News:

Pelayanan Publik di Sumsel

Cara dan Syarat Mengurus Kartu ATM BNI Tertelan di Mesin, Bisa di Kantor Terdekat

Untuk mengurus ATM tertelan yakni dengan dagang langsung ke kantor BNI terdekat tidak harus bank BNI dimana lokasi ATM tertelan

Penulis: Agung Dwipayana | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/HARTATI
Nasabah bertransaksi di mesin ATM BNI di ATM center Palembang Indah Mall. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sering bertransaksi di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan kadang kala mesin mengalami kendala yang membuat kartu ATM justru tertelan dalam mesin.

Jika itu terjadi tenang jangan panik karena ATM yang tertelan bisa diambil dan diurus sehingga kembali lagi ke pemiliknya.

Pemimpin Wilayah 03 Area Sumbagsel BNI, Sunarna Eka Nugraha mengatakan nasabah harus mengikuti sejumlah prosedur yang telah ditetapkan BNI untuk mengurus ATM tertelan yakni dengan dagang langsung ke kantor BNI terdekat tidak harus bank BNI dimana lokasi ATM tertelan dengan membawa buku tabungan dan asli bukti Identitas diri berupa KTP elektronik (e-KTP).

Kemudian petugas customer service akan memverifikasi keabsahan e-KTP menggunakan e-KTP reader atau mesin pembaca.

Apabila hasil verifikasi di mesin pembaca e-KTP reader valid maka nasabah diarahkan mengisi berita acara kehilangan dengan materai untuk menguatkan laporan bahwa benar surat tersebut dibuat nasabah dengan tujuan mengurus ATM tertelan.

Tapi jika hasil verivikasi di mesin e-KTP reader tidak terbaca maka petugas customer service akan meminta kelengkapan data tambahan berupa surat keterangan hilang dari Kepolisian.

"Prosedurnya memang seperti itu tidak ada tujuan mempersulit nasabah dan nasabah juga harap mengerti karena bagaimana pun juga ini terkait dengan uang dan kepercayaan nasabah sehingga harus benar-benar dijaga," kata Sunarna, Jumat (1/10/2021).

Penggantian ATM tertelan ini gratis karena kartu ATM yg tertelan akan diambil petugas ATM secara berkala dan akan dikirimkan ke cabang pembuka. Nanti BNI cabang pembuka akan menghubungi nasabah untuk pengambilan ATMnya di customer service.

Apabila ketika dilakukan pengecekan nasabah sudah mengganti kartunya dengan yang baru maka kartu lama akan dimusnahkan karena sudah tidak dipakai lagi.

Untuk penggantian kartu karena hilang atau tertelan dan rusak dikenakan biaya tapi jika ATM yang diurus adalah ATM lama yang tertelan di mesin itu dan dikembalikan ke nasabah tidak dikenakan biaya.

Penggantian kartu debit tertelan di BNI :
1. Nasabah membawa buku tabungan, asli bukti identitas diri berupa KTP elektronik (e-KTP)
2. Customer service melakukan verifikasi keabsahan e-KTP menggunakan e-KTP Reader.
3. Apabila hasil verifikasi di mesin e-KTP reader valid maka nasabah mengisi berita acara kehilangan dengan materai.
4. Apabila hasil verivikasi di mesin e-KTP reader in valid atau tidak terbaca maka petugas Customer service akan meminta kelengkapan data tambahan berupa surat keterangan hilang dari Kepolisian.

Baca juga: 142 Driver Teman Bus Uji Sertifikasi, Bawa Mobil Ngebut, Main HP Kena Denda

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved