Breaking News:

Tips dan Trik

Musim Hujan, Waspada Ban Mobil Selip di Jalan, Begini Cara Mengatasinya

Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara membagikan tips bagaimana menghindari ban selip yang harus dilakukan pengemudi.

Penulis: Hartati | Editor: Yohanes Tri Nugroho
TRIBUNSUMSEL.COM/HARTATI
Aktivitas Bengkel. Tips menghindari ban selip yang harus dilakukan pengemudi. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Musim hujan saat ini waspada jalan licin yang bisa membahayakan mengendarai mobil seperti ban selip misalnya.

Untuk menghindari ban selip dan hal yang tidak diinginkan,  Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara membagikan tips bagaimana menghindari ban selip yang harus dilakukan pengemudi.

Berikut tipsnya:

  • Tenang dan jangan panik jika ban selip

Tara mengatakan gejala awal ban mobil selip dapat dirasakan dari gerakan tiba-tiba pada mobil, seperti bodi mobil yang bergerak ke kiri atau kanan, atau mobil berjalan lurus meskipun kemudi sudah dibelokkan.

Jika kondisi tersebut terjadi saat anda mengemudi maka hal yang harus dilakukan yakni jangan panik karena kepanikan akan membuat pengemudi melakukan tindakan yang tidak perlu seperti pengereman keras atau membanting setir yang malah memperburuk keadaan.

Sikapi dengan tenang serta jaga fokus dan konsentrasi mengemudi untuk menentukan respons selanjutnya.

"Itulah mengapa pengemudi dilarang melakukan aktivitas lain waktu berkendara seperti bermain ponsel karena bisa menyebabkan hilang fokus jika terjadi kondisi tidak fit secara tiba-tiba pada kendaraan," ujarnya saat menjadi narasumber kegiatan virtual NgopiNgopi2000, Sabtu (18/9/2021).

  • Tunggu grip ban kembali normal

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan yakni menunggu hingga grip ban kembali normal sehingga dapat memperoleh traksi saat mobil mulai dikendalikan.

Pengemudi cukup menahan setir lurus ke depan dan tidak melakukan counter kemudi, selain tentunya tidak menginjak pedal rem atau pedal gas.

Dengan tidak melakukan apa-apa, pengemudi mencegah mobil yang kehilangan kendali supaya tidak lebih lebih parah dampaknya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved