Breaking News:

Update Harga Karet Sumsel

Harga Karet Hari Ini Naik Tipis Dibandingkan Rabu Kemarin, Efek Badai Tropis Nicholas

Harga karet di Sumsel untuk kadar karet kering (KKK) 100 persen hingga 40 persen berangsur-angsur mengalami kenaikan.

Penulis: Linda Trisnawati | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUNSUMSEL.COM/EKO
Petani Karet di Lubuklinggau. Update harga Karet di Palembang Sumsel hari ini, Kamis 16 September 2021 naik tipis dibandingkan Rabu (15/9/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Harga karet di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk kadar karet kering (KKK) 100 persen hingga 40 persen berangsur-angsur mengalami kenaikan.

"Indikasi harga karet hari ini naik Rp 20 per kg dibandingkan indikasi karet hari, Rabu (15/9/2021) untuk KKK 100 persen," kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Ir. Agus Darwa M.Si melalui Kabid Pengolahan dan Pemasaran Hasil Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Rudi Arpian MSi, Kamis (16/9/2021).

Berdasarkan data Singapore Commodity yang diolah Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel bersama Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo) Sumsel, harga karet KKK 100 persen pada 15 September 2021 Rp 19.808 per kg.

Sedangkan update harga karet hari ini, Kamis (16/9/2021) untuk KKK 100 persennya di harga Rp 19.828 per kg, artinya ada kenaikan Rp 20 per kg dibandingkan harga hari Rabu.

Lalu untuk KKK 70 persen hari ini, diharga 13.880 per kg, KKK 60 persen di harga Rp 11.897 per kg, KKK 50 persen diharga Rp 9.914 per kg, dan KKK 40 persen diharga Rp 7.931 per kg.

"Harga karet naik Rp 20 per kg masih terkerek dari harga minyak mentah naik tipis akibat efek badai tropis Nicholas," kata Rudi.

Baca juga: Hp Sempat Terlacak di Maskerebet, Siswi SMP di Palembang Hilang, Ditinggal Ayah Antar Adik Kursus

Menurutnya, sebagaimana diketahui karet sintetis dibuat dari minyak bumi yang merupakan kompetitor karet alam.

"Untuk petani karet Sumsel agar tidak tertinggal dengan komoditi lain disarankan untuk lebih kreatif mengoptimalkan lahan dengan tanaman sela yang cocok dengan struktur tanah setempat," katanya.

Untuk itu hubungi petugas perkebunan setempat untuk mendapatkan pembinaan secara langsung. Dinas Perkebunan maupun OPD lain dengan anggaran yang ada tetap memberikan bantuan baik fisik maupun pelatihan peningkatan produksi nilai tambah dan daya saing.

Rudi pun memberikan tips agar kadar karet kering ditingkat petani lebih maksimal caranya yaitu pakai bahan pembeku yang dianjurkan dan harus seragam. Bisa pakai Specta, Asap Cair atau Deorub.

Lalu umur bahan olah karet rakyat (Bokar) harus sama, misal kalau umur seminggu dijual seragam umur seminggu. Jangan dicampur dengan Bokar yang ber umur 2 atau 3 hari.

Kemudian, tidak boleh direndam dan dicampur dengan bahan bukan karet, makin cepat ditumpahkan dari bak pembeku makin tinggi KKK nya.

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved