Breaking News:

Kelangkaan Solar di Sumsel

Dampak Kelangkaan Solar di Lubuklinggau, Harga Ayam Potong dan Bahan Pokok Lainnya Naik

Sulitnya mendapat BBM jenis solar saat ini turut pula berdampak terhadap kenaikan sejumlah kebutuhan pokok, salah satunya ayam potong.

Penulis: Eko Hepronis | Editor: Siemen Martin
Tribunsumsel.com
Sejumlah sopir truk saat mengantre mendapatkan solar di SPBU di Kota Lubuklinggau Sumsel beberapa waktu lalu 

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU - Hampir setiap hari truk dan mobil antre di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan (Sumsel).

Akhir-akhir ini para sopir truk sangat sulit mendapatkan BBM jenis solar di Lubuklinggau. Bahkan antriannya memanjang hampir di semua SPBU yang menjual BBM jenis solar.

Sulitnya mendapat BBM jenis solar saat ini turut pula berdampak terhadap kenaikan sejumlah kebutuhan pokok, salah satunya ayam potong.

Saat ini ayam potong di sejumlah pasar tradisional Kota Lubuklinggau naik dari Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 34 ribu per kilogram.

Akibatnya banyak pedagang mengeluh, salah satunya, Jul pedagang ayam potong di Pasar Moneng Sepati Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

"Naik dari agennya sudah seminggu ini, terpaksa kami juga menaikan harga," kata Jul pada Tribunsumsel.com, Minggu (12/9/2021).

Jul mengungkap tidak mengetahui pasti mengapa harga ayam potong naik drastis, namun, kemungkinan kenaikan saat ini
karena disebabkan solar susah, karena pengiriman pakan ternak berasal dari Lampung terhambat.

"Kemungkinan karena solar susah, jadi pengiriman pakan ternak terhambat, itulah sekarang harga naik, karena para sopir susah beli solar," ungkapnya.

Padahal menurutnya tingkat konsumsi masyarakat Lubuklinggau pasca pelonggaran PPKM mengalami peningkatan, hal itu terlihat dari jumlah pengunjung di pasar yang meningkat drastis dua pekan terakhir.

"Sekarang pembeli baru mau ramai, tapi solar susah, akibatnya harga naik, pembeli juga berpikir mengurangi jumlah pembelian," ujarnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved