Breaking News:

Berita Pagaralam

Pejabat Tambah Kaya di Masa Pandemi, Wako Pagaralam: Wajar Kepala Daerah Kaya, Basicnya Pengusaha

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni mengatakan penambahan harta pejabat atau kepala daerah masih dinilai wajar. Banyak kepala daerah adalah pengusaha.

Editor: Vanda Rosetiati
SRIPO/WAWAN SEPTIAWAN
Walikota Pagaralam Alpian Maskoni dan Wakil Walikota Pagaralam M Fadli. Menurut Wako Pagaralam penambahan harta pejabat selama Pandemi adalah hal wajar karena sebagian kepala daerah basicnya pengusaha. 

TRIBUNSUMSEL.COM, PAGARALAM - Kekayaan pejabat penyelenggara negara mengalami kenaikan selama pandemi Covid-19. Bahkan, berdasarkan catatan Komisi Pemberantasan Korupsi, jumlah pejabat negara yang hartanya mengalami kenaikan mencapai 70,3 persen.

Dikutip dari Kompas, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengungkapkan, kenaikan harta para pejabat itu diketahui setelah pihaknya melakukan analisa terhadap Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) selama setahun terakhir.

Pahala mengungkap, ada 58 persen menteri yang kekayaannya bertambah lebih dari Rp 1 miliar. Sementara, 26 persen menteri kekayaannya bertambah kurang dari Rp 1 miliar. Hanya 3 persen menteri yang melaporkan kekayaannya turun.

Di sisi lain, 45 persen kekayaan anggota DPR bertambah lebih dari 1 miliar. Hanya 38 persen anggota Dewan yang melaporkan kekayaannya bertambah kurang dari Rp 1 miliar dan 11 persen lainnya justru melaporkan berkurang.

Tak hanya di tingkat pusat, Komisi Antirasuah juga mencatat kenaikan harta kekayaan pejabat daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Berdasarkan data yang diambil dari LHKPN kekayaan Walikota Pagaralam terakhir yang tercatat yaitu mencapai Rp 8.553.178.1999 tercatat pada 31 Desember 2020. Namun untuk laporan hasil kekayaan tahun 2021 belum terdata.

Sedangkan berdasarkan data dari LHKPN kekeyaan Wakil Walikota Pagaralan M Fadli yang tercatat berdasarjan data Desember 2020 yaitu sekitar Rp 2 M lebih.

Baca juga: Vaksinasi Pelajar di OKU, Afgan Tidak Gugup Sama Sekali: Kita Semua Mau Sehat, Harus Vaksinasi

Menangapi hal ini Walikota Pagaralam Alpian Maskoni mengatakan, bahwa penambahan harta pejabat atau kepala daerah masih dinilai wajar. Pasalnya banyak kepala daerah adalah pengusaha.

"Kareno kepala daerah rata-rata basicnya adalah pengusaha. Yang penting bisa di pertanggung jawabkan soal kenaikan tersebut," ujarnya singkat.(sp/one)

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved