Breaking News:

Berita OKU Timur

Herman Deru Serahkan Bantuan Alsintan dan Canangkan Penanaman Padi IP 300 di Seluruh Sumsel

Penyerahan Bantuan Alat Pertanian, Benih Jagung dan Bibit Padi ini dukungan pemerintah dalam melaksanakan Program Strategis Nasional “Food Estete"

Editor: Yohanes Tri Nugroho
Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumsel menyerahkan bantuan alat mesin pertanian pra Panen dan pasca panen bagi petani dan koperasi petani di Desa Sabahlioh, Kecamatan Bunga Mayang di Kabupaten OKU Timur Tahun 2021, Selasa (792021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, MARTAPURA- Gubernur Sumsel menyerahkan bantuan alat mesin pertanian pra oanen dan pasca panen bagi petani dan koperasi petani di Desa Sabahlioh, Kecamatan Bunga Mayang di Kabupaten OKU Timur Tahun 2021, Selasa (7/9/2021).

Penyerahan Bantuan Alat Pertanian, Benih Jagung dan Bibit Padi ini adalah bentuk fasilitasi pemerintah dalam upaya melaksanakan Program Strategis Nasional “Food Estate”.

Dengan mengawal pelaksanaan Program Strategis Nasional “Food Estate” ini dengan baik diharapkan Sumsel dapat menjadi percontohan untuk pelaksanaan kegiatan Food Estate di Indonesia.

Dikatakan HD konsep Food Estate Sumsel yang ingin diwujudkannya adalah penumbuhan dan pengembangan kawasan pertanian berbasis korporasi melalui kegiatan pendampingan, pengawalan pertanaman komoditi pangan dan hortikultura dan komoditi pertanian lainnya sesuai rekomendasi teknis, spesifik lokasi dan berdasarkan kebutuhan petani mulai dari hulu sampai kehilir yang akan menumbuhkan dan meningkatkan kemandirian petani.

Menurut HD Ia tak pernah pilih kasih dalam mengguyurkan bantuan ke daerah. Namun melihat dan menganalisa terlebih dulu potensi tiap-tiap daerah.

"Kan tidak mungkin Saya memberikan bantuan alat pertanian ini ke perkotaan yang lebih banyak mengandalkan sektor jasa. Makanya Saya kasih daerah memang punya potensi pertanian, perkebunan dan perikanan. Inilah namanya kerja konkret," ujar HD.

Selain memberikan bantuan alsintan, benih padi dan jagung, dalam kesempatan itu HD juga sekaligus mencanangkan program Penanaman Padi IP 300 di Seluruh Sumsel yang dimulai dari Kabupaten OKU Timur.

Diharapkan dengan pencanangan dan pemberian bantuan ini dapat menjadi penyemangat masyarakat untuk mencapai prestasi di bidang pertanian dan perkebunan. Iapun menginginkan agar sektor pertanian menjadi Icon di Provinsi Sumsel.

"Makanya saya Ingatkan agar Bupati OKUT jangan disorientasi, jangan latah dan ikut-ikutan. OKUT ini potensinya pertanian, perkebunan. Tidak usah bicara potensi yang lain, inilah yang terus digali, bila perlu untuk mengedukasi generasi muda ini bisa dijadikan muatan lokal di sekolah-sekolah," jelasnya.

Lebih jauh HD mengatakan, pada tahun 2060 mendatang, berdasarkan kesepakatan sejumlah negara di dunia semua akan dilarang menggunakan energi fosil, melainkan diganti dengan energi terbarukan.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved