Breaking News:

Perempuan Dalam Islam

Bolehkah Perempuan Memakai Sorban, Ini Penjelasan Ulama, Jangan Sampai Menyerupai Laki-laki

Perempuan memakai sorban untuk menutup aurat itupun tetap harus memperhatikan persepsi orang sehingga orang tidak salah atau keliru persepsi.

Penulis: Vanda Rosetiati | Editor: Vanda Rosetiati
tribunsumsel.com/khoiril
Ilustrasi Bolehkah Perempuan Memakai Sorban. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Perempuan bersorban viral beberapa waktu terakhir. Para wanita memberikan tutorial melalui media sosial tentang cara memakai sorban, dan sejenis penutup kepala ini memang lebih jamak dipakai untuk para lelaki.

Sebelumnya juga ada film perempuan yang dikaitkan dengan perempuan bersorban. Dimainkan artis Revalina S Temat, film tersebut berjudul Perempuan Berkalung Sorban. Tidak hanya itu, cerita tentang perempuan bersorban ini pun pernah dibuatkan film televisinya.

Lantas sebenarnya Bolehkah Perempuan Memakai Sorban Dalam Islam. Untuk mencari tahu jawabnya, Tribunsumsel.com mengutip penjelasan dari sejumlah ulama.

Habib Abdallah bin Ja'far Assegaf dalam kanal YouTube sesi Tanya Habib bertemakan Wanita Memakai Sorban yang diunggah pada 22 Juli 2021 lalu menjelaskan hukum wanita memakai sorban jika dalam memakainya menyerupai laki-laki maka hukumnya haram.

Sedangkan jika perempuan memakai sorban untuk menutup aurat itupun tetap harus memperhatikan persepsi orang sehingga orang tidak salah atau keliru persepsi. Kecuali memang dia tidak punya apa-apa lagi untuk dikenakan atau dalam kondisi terdesak sehingga terpaksa memakai sorban untuk menutup aurat hal itu tidak jadi masalah.

"Tapi lebih baik pakai penutup aurat yang memang khusus untuk perempuan, daripada persepsi orang lain jadi salah. Mengapa harus ikutan zaman tetapi jadi subhat, bukankah yang khusus untuk perempuan sekarang ini banyak," kata Habib Abdallah bin Ja'far Assegaf.

Kejelekan yang Kekal 

Narasumber lainnya Habib Abdul Qodir Baabud, dalam kanal YouTube nya sesi Tanyain Aja membahas mengenai Viralnya Wanita Bersorban.

Menurut Habib Abdul Qodir Baabud menjelaskan menyoroti viralnya fenomena perempuan memakai sorban ini ada beberapa sebab. Pertama perempuan tersebut memang ingin viral sehingga semua jalan ditempuh yang penting viral dan ini sesuatu yang tidak baik.

Baca juga: Bolehkah Perempuan Memakai Gelang Kaki Dalam Islam, Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Mengutip pendapat Imam Ibnu Arabi, menurutnya wanita itu memang penuh kelemahan karena itu obat untuk kelemahan itu adalah dengan sedikit berbicara atau tidak sering keluar rumah.
Pengertian keluar ini sendiri menurutnya bermacam-macam. Sekarang ini perempuan berada di dalam rumah tetapi dia ada dimana-mana.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved