Breaking News:

Berita OKI

Soal Plat Kendaraan Ganti Warna Jadi Putih Tulisan Hitam, Satlantas Polres OKI Masih Tunggu Juknis

Satlantas Polres OKI masih menunggu petunjuk teknis yKorlantas Polri maupun Korlantas Polda Sumatera Selatan terkait plat kendaraan bakal ubah warna. 

Penulis: Winando Davinchi | Editor: Vanda Rosetiati
TRIBUN SUMSEL/WINANDO
Kanit Regident Satlantas Polres Ogan Komering Ilir, Ipda M Wahyudi menjelaskan mereka hingga saat ini masih menunggu petunjuk teknis terkait perubahan warna plat kendaraan bermotor. 

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG - Korlantas Polri dalam waktu dekat akan mengganti warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

Jika saat ini warna dasar plat adalah hitam dengan tulisan putih, nantinya dibalik menjadi warna dasar putih dan tulisannya hitam.

Rencana pemberlakukan kebijakan ini didasarkan pada Peraturan Kepolisian Nomor 7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan bermotor per tanggal 5 Mei 2021 lalu.

Kanit Regident Satlantas Polres Ogan Komering Ilir Ipda M. Wahyudi menginformasikan benar adanya wacana aturan baru plat nomor kendaraan berwarna putih dengan tulisan hitam pada mobil dan motor.

"Dari Korlantas Polri juga sudah mengeluarkan aturan itu, di situ dijelaskan bahwa ada pergantian warna. Kemungkinan pelaksanaan di tahun depan," jelasnya saat ditemui Tribunsumsel.com, Jum'at (20/8/2021) sore.

Satlantas Polres OKI masih menunggu petunjuk teknis yang diberikan langsung oleh Korlantas Polri maupun Korlantas Polda Sumatera Selatan terkait plat kendaraan bakal ubah warna. 

"Belum ada informasi lebih lanjut pelaksanaannya terkait pembuatan TNKB yang baru. Untuk sementara masih memakai yang lama atau warna hitam," terangnya.

Ditegaskannya, satlantas polres OKI telah bersiap untuk melakukan apa yang sudah menjadi ketentuan dari Korlantas Polri.

"Tentunya setelah adanya jadwal, kami akan terlebih dahulu mensosialisasikan kepada masyarakat dengan memakai poster, baliho dan melalui media sosial," ujar Wahyudi.

Baca juga: Polrestabes Palembang Gagalkan Penyeludupan Benur Lobster Senilai Rp 10,9 Miliar, Pemiliknya Kabur

Disinggung mengenai stok material plat kendaraan bermotor, Wahyudi menilai akan cukup hingga akhir tahun 2021 mendatang.

"Masih ada ribuan material plat kendaraan roda dua maupun roda empat, jadi cukup untuk memenuhi kebutuhan pencetakan plat hingga akhir tahun ini," sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan, para pemilik kendaraan bermotor yang berkepentingan mengganti atau mencetak plat nomor biasanya dikarenakan kondisi kendaraan baru dan bayar pajak lima tahunan.

"Hanya sedikit yang membayar pajak lima tahunan dan cetak plat kendaraan baru. Ditambah lagi dengan pandemi corona ini, berdampak pada perekonomian masyarakat yang turun sehingga adanya tren penurunan pembelian kendaraan baru," tandasnya, berharap perekonomian dapat pulih dan normal.

Baca berita lainnya langsung dari google news

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved