Breaking News:

Berita Palembang

Herman Deru Minta Komisi IV dan V DPR Dorong Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat

Gubernur Sumsel Herman Deru menyampaikan groundbreaking pembangunan pelabuhan Tanjung Carat sendiri rencananya akan dilakukan pada November 2021

Editor: Yohanes Tri Nugroho
Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumsel H Herman Deru menggelar rapat kerja bersama Anggota Komisi V dan Komisi IV DPR RI di ruang rapat Gubernur, Selasa (10/8/2021). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumsel H Herman Deru meminta agar Komisi IV dan Komisi V DPR RI tak hentinya mendorong keberlangsungan berbagai program kerja khususnya sektor pembangunan infrastruktur yang ada di Sumsel.

Termasuk juga percepatan pelaksanaan pembangunan pelabuhan Tanjung Carat yang merupakan program pembangunan super prioritas Sumsel.

"Pemindahan pelabuhan Boom Baru ke pelabuhan Tanjung Carat beserta pernak-perniknya itu merupakan program super prioritas Sumsel.

Keberadaan pelabuhan ini akan berdampak besar bagi komoditas hasil Sumsel, baik sektor minerba maupun pertanian dan perkebunan. Untuk itu, saya minta anggota DPR ini mendorong hal itu," kata Herman Deru dalam rapat kerja bersama Anggota Komisi V dan Komisi IV DPR RI di ruang rapat Gubernur, Selasa (10/8/2021).

Dia mengatakan, berdasarkan hasil kesepakatan setelah beberapa kali melakukan rapat dengan Kementerian terkait, groundbreaking pembangunan pelabuhan Tanjung Carat sendiri rencananya akan dilakukan pada November 2021 mendatang.

"Kita terus ulas soal Tanjung Carat ini dalam beberapa kali kesempatan. Rencananya akan dimulai November 2021. Pembangunan ini harus on schedule," tuturnya.

Apalagi, sambungnya, beberapa tahun lalu ada rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di kawasan Tanjung Api Api. Tentunya KEK tersebut harus didukung dengan adanya pelabuhan laut tersebut.

"Rencana KEK ini disambut gembira dunia industri. Namun, berapa jauh pun KEK ini juga harus didukung adanya pelabuhan laut sehingga kegiatan ekspor impor akan semakin maksimal," paparnya.

Disisi lain, dia mengaku pembangunan Tanjung Carat tersebut tidak akan menemui titik terang tanpa adanya dukungan dari sejumlah pihak salah satunya Anggota Komisi V DPR RI H Eddy Santana Putra dan Komisi IV DPR RI Hj Renny Astuti.

Dimana dia menilai, sejak awal rencana pembangunan pelabuhan Tanjung Carat tersebut, Komisi V dan Komisi IV DPR RI tersebut terus menyuarakan dukungannya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved